Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri Ingatkan Mahasiswa Tentang Pengaruh Globalisasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 14 Februari 2017, 00:37 WIB
Kapolri Ingatkan Mahasiswa Tentang Pengaruh Globalisasi
Foto/RMOL
rmol news logo Pengaruh globalisasi telah menjadikan dunia sebagai global village.

Pesan tersebut disampaikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat menghadiri hari ulang tahun ke-70 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di kawasan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Minggu (12/2).

"Transportasi dan pergerakan dari satu daerah dengan daerah lain, menjadi lebih mudah," ujar Tito dalam keterangan persnya kepada wartawan, Senin (13/2).

Selain itu, Tito menambahkan, perkembangan teknologi informasi ikut mendorong gelombang ke tiga globalisasi. Sehingga, masyarakat pun berubah menjadi masyarakat informatif.

Meski demikian, alumni Akpol 1987 itu menilai bahwa globalisasi telah menjadi tantangan baru.

"Di antaranya adalah narkoba, terorisme dan kejahatan lainnya yang semakin bervariasi dan canggih," urai mantan kepala Densus 88 Antiteror tersebut.

Secara tidak langsung, lanjutnya dalam dunia global yang bersifat anarki, telah mendorong hukum rimba yang kuat dan yang dominan.

"Saat ini (negara) barat menjadi kekuatan yang dominan yang berusaha mengimpose (memaksakan) demokrasi liberal. Memberikan dampak pada situasi Indonesia. Terjadi reformasi," pungkas mantan Kapolda Metro Jaya kelahiran Palembang tersebut. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA