Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panglima TNI: Hasil Investigasi Militer Australia Diserahkan 8 Februari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 27 Januari 2017, 03:35 WIB
rmol news logo . Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan militer Australia akan segera menyampaikan hasil investigasi terkait insiden plesetan Pancasila dalam pelatihan bersama RI-Australia.

"Tanggal 8 Februari nanti Chief of Army (militer Australia) akan datang ke Indonesia menemui KSAD dan menemui saya sambil menyampaikan hasil investigasi. Bagaimana hasil investigasinya saya belum tahu," kata Gatot usau rapat dengan Komisi I DPR di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis malam (26/1).

Jelas Gatot, setelah hasil investigasi disampaikan, Indonesia akan menentukan langkah kebijakan lanjutan.

Namun, lanjut Gatot, pihaknya belum bisa memastikan apakah kedatangan militer Australia nanti, juga akan membawa nota kesepahaman untuk membangun kerja sama baru atau tidak.

Pada 9 Desember 2016, TNI mengirimkan surat kepada ADF tentang penghentian kegiatan kerja sama militer di antara kedua belah pihak.

Hal itu dipicu dengan pengalaman pelatih dari Korps Pasukan Khusus (Kopassus) TNI yang mengajar di sekolah pasukan khusus Australia di negara tersebut. Saat mengajar, pelatih itu mengetahui adanya pelajaran-pelajaran yang isinya menjelek-jelekkan TNI, termasuk menemukan tulisan yang isinya menghina Pancasila. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA