Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inilah Pesan Panglima TNI Kepada KSAU Agus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 20 Januari 2017, 11:36 WIB
rmol news logo Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memimpin serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Udara dari Marsekal TNI Agus Supriatna kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Jumat (20/1).

Dalam sambutannya, Gatot mengingatkan agar TNI Angkatan Udara mengantisipasi tantangan global yang berkembang semakin dinamis, terutama terkait dengan perkembangan kompetisi kedaulatan wilayah udara.

Di sisi lain, sambung Gatot, pemberlakuan kebijakan Asean Open Sky Policy perlu terus mendapat perhatian khusus karena diperediksi akan berimplikasi pada keamanan dan kedaulatan. Hal ini harus disikapi serta dilengkapi kemampuan TNI AU yang handal.

"Untuk itu, sejalan dengan kebijakan pemerintah, menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, kita perlu menempatkan dirgantara sebagai wahana penting dalam kehidupan nasional," ujarnya.

"Aspek dirgantara harus dapat menjadi pertahanan udara nasional yang memumpuni," lanjutnya.

Selain masalah keamanan wilayah udara, Gatot juga menyingung tentang sejumlah kecelakaan pesawat TNI yang menimbulkan kerugian personil maupun materil.

Menurutnya, dalam membangun kekuatan, TNI harus berani mengevaluasi diri secara jujur, terutama menyangkut pembangunan kekuatan alat utama sistem pertahanan (alutsista).

"Kita harus sungguh-sungguh berbenah diri dalam pembenahan alutsista, mulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan maupun pemeliharaannya," ujar Panglima.

Menutup amanatnya, Panglima mengucapkan terima kasih kepada Agus Supriatna yang telah mengemban tugas sebagai KSAU dengan baik.

Untuk Hadi Tjahjanto, Gatot berpesan selamat bertugas dan semoga amanah yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi TNI AU, bangsa dan negara.

"Atas nama seluruh prajurit TNI, saya menyambut bangga disertai selamat mengemban tugas sebagai KSAU," tutup Panglima.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA