Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Triana: Budi Gunawan Juga Masih Punya Peluang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/dede-zaki-mubarok-1'>DEDE ZAKI MUBAROK</a>
LAPORAN: DEDE ZAKI MUBAROK
  • Selasa, 17 Mei 2016, 14:36 WIB
Triana: Budi Gunawan Juga Masih Punya Peluang
triana dewi seroja
rmol news logo Ada banyak perwira tinggi Polri yang memiliki peluang menjadi Kapolri jelang berakhirnya masa jabatan Jenderal Pol Badrodin Haiti.

Ketua Masyarakat Hukum Peduli Bangsa, Triana Dewi Seroja, setelah sebelumnya berpendapat bahwa ada banyak alasan bagi Presiden Joko Widodo untuk memperpanjang masa jabatan Badrodin.

"Di masa-masa akhir masa jabatan Badroddin Haiti sebagai Kapolri, seluruh perwira tinggi Kepolisian juga memiliki peluang untuk menjadi Kapolri," kata Triana di sela dialog nasional membahas wacana perpanjangan masa jabatan Kapolri dan stabilitas nasional, di Ballroom Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta (Selasa, 17/5). .

Ia merujuk Pasal 11 ayat (6) UU Kepolisian. Disebutkan, Calon Kapolri adalah Perwira Tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karir.

Perwira Tinggi Polri yang dimaksud bisa yang menjabat sebagai Komisaris Jenderal atau yang menjabat sebagai Inspektur Jenderal. Hal itu sangat tergantung pada usulan Presiden dan rekomendasi dari Kompolnas kepada Presiden. Salah satu tugas dari Kompolnas sesuai dengan Perpres 17/2011 adalah memberikan usul kepada Presiden terkait pengangkatan Kapolri.

"Jika melihat pejabat tinggi di Kepolisian, saat ini semua memiliki peluang untuk menjabat sebagai Kapolri termasuk Budi Gunawan yang saat ini menjabat Wakapolri. Ini sejalan dengan apa yang dikatakan Kompolnas," kata Triana.

Meski pernah terjadi polemik penetapan tersangka Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tetapi penetapan itu sudah dicabut oleh putusan pra peradilan. Secara hukum Budi Gunawan tidak memiliki hambatan menjadi Kapolri.

"Jadi apakah (presiden) akan memperpajang masa jabatan Badroddin Haiti atau menunjuk Perwira Tinggi Polri lainnya sangat tergantung dari kebijakan presiden yang memiliki otoritas tertinggi," tutup Triana. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA