Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kendaraan Listrik Makin Diminati, Penjualan Mobil Bertenaga Bensin di China Anjlok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 11 September 2024, 09:03 WIB
Kendaraan Listrik Makin Diminati, Penjualan Mobil Bertenaga Bensin di China Anjlok
Ilustrasi/RMOL
rmol news logo Semakin populernya kendaraan energi baru (NEV) dan menurunnya permintaan domestik terhadap kendaraan penumpang menyebabkan anjloknya penjualan mobil baru di China selama tiga bulan berturut-turut hingga Agustus.

Menurut laporan Asosiasi Produsen Mobil Tiongkok (CAAM), penjualan kendaraan baru, termasuk ekspor, turun 5 persen pada tahun ini menjadi 2,45 juta unit. Penjualan mobil penumpang domestik turun 9,4 persen menjadi 1,74 juta unit.

Namun, penjualan mobil listrik dan kendaraan energi baru (NEV) lainnya relatif kuat, mencakup lebih dari setengah total penjualan mobil penumpang.

Angkanya bahkan melonjak 31,9 persen menjadi 949.000 unit. Kendaraan ini menyumbang 54,4 persen dari total penjualan mobil penumpang, naik 17 poin persentase dari tahun sebelumnya dan menjadi mayoritas untuk bulan ketiga berturut-turut.

“Rasio NEV akan terus melampaui angka 50 persen,” kata Chen Shihua, wakil sekretaris jenderal CAAM, seperti dikutip dari Nikkei, Rabu (11/9).

Merek-merek Tiongkok mendorong pertumbuhan penjualan NEV dengan meluncurkan model-model baru secara agresif, dengan pangsa pasar kolektif mereka tumbuh 10 poin menjadi 66,9 persen. Sementara itu, penjualan kendaraan bertenaga bensin mereka anjlok 34,1 persen menjadi 795.000 unit.

Penjualan kendaraan komersial turun 20,9 persen menjadi 198.000 unit. Angka yang rendah ini merupakan hasil dari investasi yang lesu dalam pembangunan infrastruktur dan real estat.rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA