Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Spesifikasi Aurus, Mobil Pemberian Putin untuk Kim Jong Un

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 20 Juni 2024, 11:22 WIB
Ini Spesifikasi Aurus, Mobil Pemberian Putin untuk Kim Jong Un
Aurus Senat yang digunakan Putin/Net
rmol news logo Sejumlah hadiah istimewa diberikan Presiden Rusia Vladimir Putin kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada kesempatan pertemuan puncak mereka di Pyongyang.

Yury Ushakov, penasihat kebijakan luar negeri Putin, mengatakan bahwa hadiah yang diberikan itu termasuk kendaraan Aurus baru dan satu set perlengkapan minum teh.

"Mereka sudah bertukar hadiah. Kami memberikan Aurus,” kata Ushakov seperti dikutip dari TASS, Kamis (20/6).

Hadiah mobil mewah Aurus itu menandai kedua kalinya pemimpin Korea Utara tersebut menerima model mobil ini dari Putin.

Ushakov juga mengungkapkan bahwa Putin juga menghadiahkan belati laksamana dan satu set perlengkapan minum teh yang sangat indah.

Putin pernah menunjukkan model mobil eksekutif Aurus Motors kepada pemimpin Korea Utara tersebut pada September tahun lalu, selama kunjungannya ke lokasi peluncuran ruang angkasa Vostochny Cosmodrome di Wilayah Amur di Timur Jauh Rusia.  

Ketika itu Putin memberi tahu tamunya secara rinci tentang merek otomotif eksklusif tersebut, tidak hanya tentang model limousine, tetapi juga sedan dari jajaran mobil eksekutif produsen mobil Rusia tersebut.

Pada Februari tahun ini, terungkap bahwa Putin telah menghadiahkan Aurus kepada Kim. Dia menjadi pemimpin pertama yang menerimanya sebagai hadiah.

Aurus berkantor pusat di Moskow. Pabrikan kendaraan ini telah memasok limosin lapis baja kepada Putin sejak 2018.

Aurus Senat yang dikenakan oleh Putin dan pejabat negara lainnya adalah model L700 yang dibuat khusus. Sementara untuk masyarakat umum Aurus merilis Senat S600.

Terinspirasi dari produsen mobil mewah asal Inggris Rolls-Royce, Aurus Senat biasa dijuluki 'benteng berjalan' berkat bobotnya yang diperkirakan mencapai tujuh ton dan panjang hampir tujuh meter.

Beberapa fitur diciptakan untuk melindungi Putin, di antaranya dapat menahan ledakan, tembakan, dan serangan gas kimia. Kendaraan ini juga dibekali komunikasi canggih.

Aurus Senat mengusung mesin 4.4 liter V8 twin-turbo hybrid yang dikembangkan bekerja sama dengan Porsche, menghasilkan 590 HP dan torsi 649 lb-ft (880 Nm) yang disalurkan keseluruh rodanya.

Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis sembilan percepatan. Berkat mesin itu, Aurus Senat dapat menempuh jarak dengan sangat singkat berkat puncak kecepatannya yang mencapai 250 km/jam. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA