Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Stasiun Pengisian Baterai EV Belum Merata, Tujuan Bebas Emisi India Terancam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 31 Januari 2024, 10:18 WIB
Stasiun Pengisian Baterai EV Belum Merata, Tujuan Bebas Emisi India Terancam
Ilustrasi/Net
rmol news logo Upaya pemerintah India untuk meningkatkan adopsi kendaraan listrik ternyata belum diimbangi dengan ketersediaan stasiun pengisian baterai yang merata, menyebabkan minat beli masyarakat menurun.

Chaitanya Kanuri, direktur asosiasi mobilitas listrik di World Resources Institute (WRI), sebuah wadah pemikir lingkungan, mengatakan kurangnya infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik terbukti menjadi faktor besar pembeli memilih untuk tidak memilih kendaraan listrik.

“Adopsi kendaraan listrik hanya akan terjadi jika terdapat infrastruktur pengisian daya yang memadai di seluruh negeri,” kata Kanuri, seperti dikutip dari Nikkei, Selasa (30/1).

“Saat ini, kami melihat tindakan yang terfragmentasi. Di beberapa tempat, kami menyaksikan sejumlah stasiun pengisian daya menjamur, sementara di tempat lain hanya ada segelintir saja,” tambahnya.

Kekurangan tersebut mengancam akan menghambat upaya India untuk meningkatkan adopsi kendaraan listrik di pasar kendaraan terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan China yang menduduki peringkat teratas.

Lebih dari 22,6 juta kendaraan, termasuk skuter, terjual di India tahun lalu dengan kendaraan listrik menyumbang 6,3 persen dari total penjualan. Jumlah tersebut mungkin tidak terlalu besar, namun menurut data pemerintah, pangsa pasar kendaraan listrik meningkat hampir 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dengan hanya 11.000 stasiun pengisian daya di seluruh negeri, Pemerintah India menyadari perlunya meningkatkan jumlah tersebut secara signifikan untuk memenuhi tujuan ambisius kendaraan listrik bebas emisi, yang dianggap memiliki manfaat lingkungan dan biaya pengoperasian yang lebih rendah dibandingkan mobil bermesin pembakaran tradisional.

Menteri Industri Berat India Mahendra Nath Pandey mengatakan tahun lalu sembilan kota terbesar di negara itu, termasuk Delhi dan ibu kota komersial Mumbai, masing-masing membutuhkan setidaknya 18.000 stasiun pengisian daya umum pada tahun 2030, sementara Konfederasi Industri India memperkirakan negara yang luas tersebut membutuhkan minimal 1,3 juta stasiun pengisian listrik pada akhir dekade ini.

Soumen Mandel, analis riset senior di Counterpoint Technology Market Research, mengatakan fokus sektor ini juga perlu beralih ke daerah pedesaan, tempat sebagian besar dari 1,4 miliar penduduk India tinggal.

“Hampir tidak ada infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di daerah pedesaan. Bahkan di jalan raya, menemukan stasiun pengisian daya bisa menjadi sebuah tugas,” kata Mandel

“(Dan) hanya ada sedikit model mobil EV yang tersedia di pasar.  Maruti, yang menguasai hampir 40 persen pangsa pasar mobil, belum merilis kendaraan listrik," ujarnya.

Ketika hal ini terjadi, kata Mandel, kita dapat memperkirakan bahwa infrastruktur pengisian daya juga akan bertumbuh.

Raksasa otomotif domestik Tata Motors memimpin pasar dengan empat model kendaraan listrik, sementara produsen mobil asing, termasuk Hyundai Korea Selatan dan BYD China, menawarkan lebih sedikit model dengan harga lebih tinggi, sehingga tidak terjangkau bagi sebagian besar masyarakat India.  

Tesla yang berbasis di AS dan VinFast dari Vietnam diperkirakan akan memasuki pasar akhir tahun ini.

Jumlah model dan stasiun pengisian daya bukan satu-satunya penghalang bagi upaya kendaraan listrik India.

Misalnya, tidak semua stasiun kompatibel dengan skuter listrik, sebuah kendala besar di negara di mana sekitar 80 persen kendaraan listrik yang terjual tahun lalu adalah kendaraan roda dua atau becak yang digunakan sebagai taksi.

Hypercharger dari pembuat kendaraan roda dua Ola, misalnya, hanya dapat digunakan dengan skuter EV miliknya sendiri, sedangkan pengisi daya Ather Energy terbatas pada rangkaian skuter EV miliknya sendiri, dan yang dijual oleh Hero MotoCorp, yang memiliki saham signifikan di Ather. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA