Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Kisah Anwar Ali, Pemain Sepakbola Termahal dari India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 03 September 2024, 00:55 WIB
Ini  Kisah Anwar Ali, Pemain Sepakbola Termahal dari India
Anwar Ali.
rmol news logo Namanya Anwar Ali. Pemain sepakbola berusia 24 tahun ini memulai karier di Minerva Football Academy Chandigarh dan telah membuktikan dirinya sebagai pesepakbola termahal di negaranya. 

Namun, kisah hidup Anwar tidaklah mudah.

Ayah Anwar bekerja sebagai buruh di Arab Saudi dan ibunya menambah penghasilan keluarga dengan bekerja sebagai buruh tani. Ketika Anwar berpikir untuk menjadikan sepak bola sebagai kariernya, ia ditemukan menderita penyakit jantung serius yang disebut hiperkardiomiopati apikal.

Meskipun demikian, Anwar bertekad untuk bermain sepak bola dan ia ingin bermain meskipun berisiko. Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) tidak mengizinkannya bermain dan Anwar mendatangi pengadilan dan memperjuangkan hak untuk bermain sepakbola.

Anwar memenangkan kasus hukum terhadap AIFA di Pengadilan Tinggi Delhi. Ia mengakhiri perjanjian pinjaman empat tahunnya dengan Mohun Bagan setelah hanya satu tahun, pada 9 Juli 2024, dan menandatangani kontrak dengan East Bengal keesokan harinya.

Komite Status Pemain (PSC) menyebut pemutusan kontrak itu tidak adil. Namun, mereka mengeluarkan Sertifikat Tanpa Keberatan (NOC) kepada Anwar Ali yang memungkinkannya menyelesaikan transfernya dari Delhi FC ke East Bengal pada 12 Agustus.

Seperti yang diungkapkan oleh Khel Now pada 12 Agustus, Anwar Ali menandatangani kontrak lima tahun dengan East Bengal, di mana ia akan membayar biaya transfer sebesar Rs 2,5 crore kepada Delhi FC. Beberapa laporan yang belum dikonfirmasi tentang paket gaji Anwar Ali telah beredar. Namun, sebuah sumber mengungkapkan bahwa Anwar Ali akan menerima Rs 24 crore dari East Bengal selama lima tahun, termasuk 1 juta dolar AS sebagai bonus loyalitas.

Sesuai perjanjian antara Anwar Ali dan East Bengal, ia akan dibayar total 2,8 juta dolar AS antara tahun 2024 dan 2029, yang juga termasuk bonus loyalitas sebesar 476 ribu dolar AS dan 535 ribu dolar AS pada akhir musim 2027-28 dan 2028-29.

Seorang ahli hukum mengemukakan bahwa struktur pembayaran seperti itu tampaknya dirancang untuk mengurangi gaji yang seharusnya untuk tujuan kompensasi, karena bonus loyalitas yang besar seperti itu jarang terjadi di sepak bola India.

Pada akhir kontrak lima tahunnya, Anwar Ali akan menjadi pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi di India, dengan penghasilan rata-rata 571 ribu dolar AS per tahun.

East Bengal menginvestasikan 3,1 juta dolar AS untuk Anwar Ali, dan para penggemar mereka berharap ia akan memberikan stabilitas yang solid di lini pertahanan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA