Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pelaku UMKM Diajak Manfaatkan Momen PON XXI Sumut-Aceh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Kamis, 22 Agustus 2024, 21:47 WIB
Pelaku UMKM Diajak Manfaatkan Momen PON XXI Sumut-Aceh
Agus Fatoni didampingi Kadis Koperasi dan UMKM Naslindo Sirait di areal Sumut Creative Center/Ist
rmol news logo Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni meresmikan tiga inovasi, yaitu Galeri UMKM Sumut Creative Center, Inkubator Bisnis dan Layanan Kemasan. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UMKM, Komplek PRSU, Medan, Sumut.
HUT 79 RI
 
Fatoni mengajak seluruh pelaku UMKM di Sumut untuk memanfaatkan momen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut dengan memproduksi berbagai produk-produk unggulan, mulai dari makanan dan minuman, wastra hingga kriya khas Sumut. Hal ini dikarenakan, nantinya pada pelaksanaan PON XXI tepatnya tanggal 8-20 September mendatang Provinsi Sumut akan kedatangan lebih dari 51 ribu atlet, pelatih dan ofisial dari seluruh Indonesia.
 
"Kita produksi sebanyak-banyaknya, kita perbaiki semuanya dan kita pasarkan. Mudah-mudahan dengan adanya PON ini ekonomi Sumut bergerak cepat, UMKM kita juga bergerak cepat, termasuk sektor ekonomi kreatif dan pariwisata," ucap Fatoni.
 
Launching Sumut Creative Center, Fatoni mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan pengembangan UMKM agar produk-produk UMKM bisa dikenal, tidak saja tingkat nasional tapi juga internasional. Oleh karena itu, Pemprov Sumut terus melakukan pembinaan, fasilitasi memberikan pelatihan agar UMKM di Sumut bisa mandiri dan produktif.
 
Fatoni menyebut permasalahan utama para pelaku UMKM adalah pemasaran, packaging (pengemasan) dan perencanaan bisnis. Untuk itu, dia mengajak para pelaku UMKM di Sumut untuk datang ke Sumut Crearive Center.
 
"Jadi silakan UMKM di Sumut untuk datang ke sini, yang belum punya kemasan akan dibuatkan desainnya, dibuatkan kemasannya, yang plan bisnisnya belum ada, nanti kita latih di sini, agar pelaku-pelaku UMKM di Sumut bisa naik kelas dan mendunia," jelasnya.
 
Fatoni juga berharap dengan dilaunchingnya Sumut Creative Center menjadi wadah bertemunya para pelaku UMKM untuk saling bertukar ide dan berinovasi dalam menghasilkan produk.rmol news logo article

EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA