Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IMI Gelar Kejuaraan Motocross Dunia MXGP di IKN Nusantara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 24 April 2024, 11:07 WIB
IMI Gelar Kejuaraan Motocross Dunia MXGP di IKN Nusantara
Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo/Ist
rmol news logo Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Kementerian PUPR akan menghadirkan Kejuaraan e-Karting di IKN Nusantara, pada Oktober 2024.

Hal ini melanjutkan kesuksesan Elektrik Karting Race 2023 yang diselenggarakan IMI bersama Kementerian PUPR pada Desember 2023 lalu di Sirkuit EV PUPR Bandung, Jawa Barat.

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, untuk mempersiapkan Kejuaraan e-Karting di IKN Nusantara, IMI bersama Kementerian PUPR akan segera membangun sirkuit EV di IKN Nusantara.

Sirkuit EV tersebut menerapkan beberapa teknologi perkerasan jalan, seperti aspal porous, aspal plastik, aspal karet, beton porous, perkerasan Fly Ash Bottom Ash (FABA), dan timbunan ringan.

"Kehadiran sirkuit EV menjadi wadah bagi masyarakat IKN Nusantara dalam menyalurkan hobi balapnya, sehingga dari IKN Nusantara dapat lahir atlet balap berkualitas internasional yang dapat mengharumkan nama bangsa," kata Bamsoet di Jakarta, Rabu (24/4).

Bamsoet menjelaskan, IMI juga berhasil meloloskan cabang olahraga bermotor Mini 4WD atau yang dikenal dengan balap Tamiya, sebagai salah satu cabang olahraga ekshibisi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara, 8-20 September 2024.

"Balapan Tamiya tidak ubahnya seperti balapan mobil. Butuh skill mumpuni, khususnya dalam melakukan modifikasi berbagai komponen, dari mulai dinamo, sasis, hingga ban," jelas Bamsoet.

Bamsoet menerangkan, pada tahun 2024 ini, IMI juga kembali turut memfasilitasi penyelenggaraan MotoGP, pada 27-29 September 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB.

Kejuaraan MotoGP ditargetkan mampu mendatangkan ratusan ribu penonton. Pada tahun 2023 lalu, MotoGP Mandalika mampu menghadirkan sekitar 103 ribu penonton sepanjang tiga hari balapan. Naik dari gelaran MotoGP Mandalika 2022 yang mendatangkan 102.801 penonton.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA