BP Haji Komitmen Sempurnakan Layanan bagi Jemaah Haji

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 24 April 2025, 09:34 WIB
BP Haji Komitmen Sempurnakan Layanan bagi Jemaah Haji
Kepala BP Haji Mochamad Irfan Yusuf/Ist
rmol news logo Badan Penyelenggara Haji (BP Haji) terus berikhtiar untuk menyempurnakan pelayanan haji secara menyeluruh. Salah satu ikhtiar yang dilakukan adalah dengan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Konsolidasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2025 di Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat.

Kepala BP Haji Mochamad Irfan Yusuf mengatakan bahwa Rakernas menjadi forum strategis dalam menegaskan komitmen BP Haji untuk menghadirkan layanan haji yang adaptif, efisien, dan tetap berlandaskan nilai-nilai pengabdian kepada para tamu Allah (duyufurrahman).

“Kita tidak hanya sedang menata sistem, tetapi juga merajut niat dan pengabdian untuk menjadi pelayan yang amanah bagi jutaan hati yang berserah menuju Baitullah,” kata Irfan dalam keterangan resminya, Kamis 24 April 2025. 

Irfan juga menegaskan bahwa peningkatan profesionalisme dalam setiap rantai penyelenggaraan haji adalah sebuah keniscayaan. 

Menurutnya, para pemangku kepentingan perhajian khususnya di tingkat wilayah, kota, dan kabupaten harus menjadi ujung tombak dalam menghadirkan pelayanan terbaik. 

“Kita harus memastikan bahwa setiap titik layanan menyentuh kebutuhan jemaah secara langsung, dengan standar yang terukur dan berorientasi pada kenyamanan serta kualitas terbaik,” kata Irfan.

Irfan menambahkan bahwa mulai tahun 2026, BP Haji akan mengemban tanggung jawab penuh atas penyelenggaraan ibadah haji nasional. 

Hal ini merupakan amanat langsung Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto, sekaligus menjadi momentum penting untuk memperkuat sistem layanan haji yang Efisien, Aman dan Nyaman. 

Menanggapi percepatan transformasi layanan haji yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi, Irfan menyatakan bahwa Indonesia harus merespons tantangan tersebut secara cepat dan terukur. 

“Kita harus efisien dan adaptif, memberikan layanan yang setara tanpa kehilangan ruh pelayanan. Kita ingin menjadi institusi yang profesional namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai pengabdian suci kepada para tamu-tamu Allah,” tandasnya.rmol news logo article




Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA