Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dirjen Bimas Islam: Survei Indeks Kepuasan KUA Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 03 Oktober 2024, 07:30 WIB
Dirjen Bimas Islam: Survei Indeks Kepuasan KUA Tinggi
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin/RMOL
rmol news logo Indeks kepuasan layanan KUA 2023 mencapai skor 83,26 poin.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin mengungkapkan, skor tersebut termasuk dalam kategori tinggi.

“Skor ini termasuk dalam kategori tinggi. Selain itu, Ditjen Bimas Islam memperoleh total nilai kepatuhan sebesar 92,70 dari Ombudsman,” kata Kamaruddin di sela acara International Symposium on Innovative Masjid (ISIM) di Solo, Rabu (1/10).

Nilai tersebut masuk ke dalam opini kualitas tertinggi dengan mempertimbangkan aspek kompetensi pelaksana tata kelola KUA, sarana prasarana KUA, standar pelayanan KUA, indeks kepuasan masyarakat, dan pengaduan terkait KUA.

“Survei dari Badan Litbang dan Diklat Kemenag menyebut, indeks kepuasan layanan KUA mencapai skor 83,26 poin. Ini menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi terhadap layanan KUA secara nasional,” jelasnya. 

Pemerintah terus berupaya menjadikan KUA sebagai pusat layanan yang prima, kredibel, dan moderat untuk meningkatkan kualitas umat beragama.

Selama kepemimpinan Gus Men Yaqut (menteri agama) revitalisasi KUA menjadi salah satu program prioritas.

“Lembaga yang menjadi corong layanan keagamaan Kementerian Agama ini mendapatkan perhatian penuh untuk dapat naik kelas,” papar Kamaruddin. 

Revitalisasi KUA sejauh ini berjalan efektif dan akan terus ditingkatkan lagi. Hingga saat ini, Kemenag telah merevitalisasi 1.206 KUA. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA