Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

RK Serap Aspirasi Disabilitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 13 September 2024, 21:28 WIB
RK Serap Aspirasi Disabilitas
Ridwan Kamil bersama penyandang disabilitas/Dokumentasi RIDO
rmol news logo Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) bersama disabilitas menyusuri jalanan kota Jakarta, Jumat (13/9). Kegiatan dengan tema 'Jejak Langkah Inklusi' ini dilaksanakan RK bersama teman disabilitas menggunakan TransJakarta.

RK dan disabilitas naik di Halte Tosari, Menteng, Jakarta Pusat. Dia tampak berbincang santai sambil mendengarkan masukan dari para penyandang disabilitas.

"Pada Jejak Langkah Inklusi ini penyandang disabilitas diharapkan dapat berkomunikasi dan menyampaikan aspirasi serta harapan secara langsung kepada RIDO, khususnya terkait kenyamanan teman-teman disabilitas dalam menggunakan transportasi umum di wilayah Jakarta," ujar RK.

Selain mendengarkan aspirasi dari kelompok disabilitas, kegiatan tersebut juga bertujuan memantau langsung implementasi kartu layanan gratis dan tarif integrasi angkutan umum.

Tak hanya itu, RK yang maju Pilkada Jakarta berpasangan dengan Suswono, juga ingin melihat sejauh mana teman disabilitas bisa mengakses fasilitas umum yang ramah bagi mereka. 

"Hari ini saya menampung aspirasi dari teman disabilitas. Akan saya simak curhatan-curhatannya, salah satunya tentang mobilitas, bagaimana bergerak dari rumah ke tempat kerja, tentu saat menggunakan transportasi.

Kenapa tadi kita tes bersama-sama, menggunakan TransJakarta, bagaimana mereka sebagai warga tentu punya hak yang nyaman dalam melakukan mobilitas. Ciri kota yang baik adalah kota yang adil buat semua, buat lansia, buat anak kecil, buat penyandang disabilitas," kata RK.

Setelah mendengar curahan hati penyandang disabilitas, RK berkeinginan untuk memperluas jangkauan TransJakarta melampaui batas-batas wilayah seperti ke Tangerang, Bogor, dan Bekasi. Dengan begitu, mobilitas 3-4 juta orang yang tidak berdomisili di Jakarta bisa menjadi seamless

"Kebutuhan transportasi menjadi sebuah urgensi karena di Undang-Undang DKJ yang baru Jakarta harus jadi 'papah asuh' dari aglomerasi Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bogor," papar RK.rmol news logo article
EDITOR: ADE MULYANA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA