Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amanah Hadirkan Ruang Bagi Pelajar Peminat Bidang Robotik di Banda Aceh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 25 Juli 2024, 19:03 WIB
Amanah Hadirkan Ruang Bagi Pelajar Peminat Bidang Robotik di Banda Aceh
Sosialisasi "Amanah Robotic Competition" di SMAS Methodist, Kota Banda Aceh, Kamis (25/7)/Ist
rmol news logo Pelajar di Banda Aceh yang punya minat besar di bidang robotik, antusiasme hadir dalam sosialisasi "Amanah Robotic Competition" di SMAS Methodist, Kota Banda Aceh, Kamis (25/7).

Dalam sosialisasi yang digelar Anak Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah), para pelajar melihat peragaan mengoperasikan robot. 

“Peragaan sangat seru. Saya sampai ingin mengikutinya (membuat robot sendiri),” kata salah seorang siswa, M. Zakky Siregar.

Bagi para pelajar di Banda Aceh, robot dipandang sebagai karya ilmiah sekaligus kreasi seni. Menurutnya, robot bisa didesain untuk berbagai keperluan yang membantu pekerjaan manusia selain untuk sarana rekreasi.

Selama ini, para pelajar sudah mengenal robot digunakan dalam proses produksi barang di pabrik-pabrik. Selain itu, mereka juga banyak menonton film-film tentang robot yang digunakan untuk bermain sepak bola hingga tinju.

Peragaan yang dilakukan kelompok mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh bernama Pike Robotic, turut menampilkan mini solar car. Robot tersebut bisa berjalan dan bergerak hanya dengan tenaga surya yang menyoroti panel di atas robot.

Amanah Robotic Competition akan digelar di Lapangan Tugu USK Banda Aceh, pada 11 Agustus 2024. Perlombaan itu dibuka untuk pelajar SMP-SMA Se-Provinsi Aceh dengan dua jenis lomba yakni karya tulis ilmiah dan pembuatan robot.

Perlombaan robotic untuk tingkat SMP adalah Robot Football Champion sedangkan untuk pelajar SMA, membuat Solar Mini Car. Kemudian, lomba karya tulis ilmiah mengambil tema seputar inovasi robot beginner arduino dan Internet of Things (IoT).

Sebelum lomba, pihak penyelenggara terlebih dulu mengadakan pelatihan atau coaching clinic robotic kepada para peserta pada 9-10 Agustus 2024. Adapun, pendaftaran peserta akan dibuka sampai dengan 31 Juli 2024.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA