Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

90.282 Jemaah Haji Indonesia Tinggalkan Makkah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 04 Juli 2024, 11:18 WIB
90.282 Jemaah Haji Indonesia Tinggalkan Makkah
Jemaah haji Indonesia/Ist
rmol news logo Pemulangan jemaah haji gelombang pertama dari kota Makkah Al Mukaramah berakhir pada Rabu (3/7).

Tercatat, hingga malam hari Waktu Arab Saudi (WAS) sebanyak 229 kelompok terbang (kloter) yang membawa 90.282 jemaah dan petugas telah meninggalkan kota Makkah.

Berdasarkan catatan PPIH Daerah Kerja (Daker) Makkah ada tiga kloter yang diberangkatkan dari Makkah pada waktu sore hingga malam.

"Jemaah haji gelombang pertama sudah kita berangkatkan seluruhnya dari Kota Makkah menuju Jeddah dan juga ada yang pulang dari Kota Madinah,” kata Kepala Daerah Kerja Makkah Khalilurrahman dikutip dari laman Kemenag, Kamis (4/7).

Khalilurrahman menjelaskan, berdasarkan data Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), dari 229 kloter yang masuk gelombang I sebanyak 183 di antaranya pulang melalui Bandara King Abdul Aziz di Jeddah.

Sementara 46 kloter lainnya dipulangkan melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah. Pemulangan jemaah gelombang I dimulai sejak 21 Juni 2024.

“Artinya untuk saat ini jemaah gelombang I kami nyatakan bersih, sudah dipulangkan dari Makkah menuju bandara untuk selanjutnya diterbangkan ke Tanah Air,” kata Khalilurrahman.

Khalil menambahkan, saat ini Daerah Kerja (Daker) Makkah akan berfokus untuk memfasilitasi pemberangkatan jemaah haji gelombang II menuju Madinah.

“Selanjutnya, Daker Makkah akan fokus memberangkatkan jemaah haji gelombang dua menuju Madinah,” kata Khalil.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA