Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Penuh Pengurus LP3KN, Menag RI Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 18 Mei 2024, 07:34 WIB
Dukung Penuh Pengurus LP3KN, Menag RI Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus
Ketua LP3KN, Muliawan Margadana, menerima ucapan selamat dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Kamis (16/5)/Istimewa
rmol news logo Paus Fransiskus ke Indonesia akan berkunjung ke Indonesia pada September 2024.

Kabar ini disampaikan langsung Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, saat menghadiri acara “Launching Pelaksanaan Program Strategis Menteri Agama bagi Masyarakat Katolik pada Wilayah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T), di ruang Sidang Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Jalan Cut Meutia, Jakarta, Kamis (16/5).

Selain Menag Yaqut, hadir dalam acara ini Dirjen Bimas Katolik bersama para pembimas, para waligereja Indonesia, Sekjen Kementerian Sosial, tokoh-tokoh Katolik, Ormas Katolik, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Menag menyampaikan bahwa rencana kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia sudah disampaikan cukup lama, namun karena pandemi Covid-19 ditunda hingga 2024. Kemenag dan KWI akan menyiapkan kunjungan Bapa Paus dengan membentuk panitia. Kunjungan Bapa Paus kali ini merupakan bagian dari lawatan perdamaian ke beberapa negara Asia Pasifik.

Sementara itu, Ketua KWI, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC, merasa senang karena Menag adalah Menteri pertama yang hadir di Gedung KWI yang baru diberkati dan diresmikan kemarin. Menurutnya, itu jadi pertanda baik, ada kerjasama yang erat antara pemerintah dan Gereja Katolik.

"Dengan melaunching beberapa program strategis, kami berharap program-program tersebut benar-benar berdayaguna untuk umat Katolik," ujarnya.

Pada launching tersebut, Menag Yaqut menyerahkan KMA 427 tahun 2024 tentang Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional periode 2023-2027 kepada Muliawan Margadana selaku Ketua Umum LP3KN periode 2023-2027.

Penyerahan SK LP3KN ini juga bersamaan dengan penyerahan dokumen izin pendirian SMA Katolik di Purwokerto dan Toraja dan launching 7 layanan berbasis online untuk umat Katolik yang sudah bisa diakses di aplikasi Pusaka Kemenag.

Muliawan mengatakan, mewakili seluruh pengurus LP3KN dirinya berterima kasih kepada Menag Yaqut dan Ketua KWI Mgr Subianto yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin lembaga ini.

Apresiasi yang tinggi juga diberikan kepada Dirjen Bimas Katolik, Suparman, dengan terobosan-terobosan program nyata bagi Umat Katolik berupa pembangunan gereja, Alkitab braille, pemberian 42 motor bagi para Penyuluh Katolik di daerah 3T, hingga kehadiran pemerintah semakin dirasakan oleh masyarakat umumnya dan umat Katolik khususnya.

Ke depan, pihaknya yakin kerja sama dengan Dirjen Bimas Katolik, KWI, serta LP3KD untuk semakin meningkatkan penyelenggaraan Pesparani. Selain itu LP3KN juga akan terus menanamkan nilai-nilai iman Kristiani dan rasa cinta tanah air melalui seni budaya dan kegiatan kerasulan awam serta bela rasa.

LP3KN dan LP3KD seluruh Indonesia pun bersuka cita atas informasi dari Menag Yaqut bahwa Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostoliknya ke Indonesia, serta siap menyambut serta mendukung kedatangan Bapa Suci Paus Fransiskus. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA