Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kanwil Kemenag Sumut Tingkatkan Pelayanan Calhaj Lansia dan Disabilitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 17 Mei 2024, 22:30 WIB
Kanwil Kemenag Sumut Tingkatkan Pelayanan Calhaj Lansia dan Disabilitas
Kakanwil Kemenag Sumut, H Ahmad Qosbi menyalami calon haji lansia di Asrama Haji Medan/Ist
rmol news logo Pihak Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatera Utara melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan layanan kepada jemaah calon haji, khususnya lansia maupun penyandang disabilitas. Mereka diberikan fasilitas kelas bisnis pada pesawat agar akses ke toilet pesawat menjadi dekat.

“Ini mulai diberlakukan pada jemaah calhaj Kloter 5,” kata Kakanwil Kemenag Sumut, H Ahmad Qosbi, Jumat (17/5).

Kakanwil mengatakan langkah ini merupakan tindaklanjut atas munculnya surat dari Inspektur Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia yang meminta agar seluruh Kakanwil selaku Ketua PPIH Embarkasi di seluruh Indonesia untuk meningkatkan pelayanan terhadap lansia dan kaum disabilitas tersebut. Selain, itu ini juga menjadi bagian dari Ikhtiar melayani lansia dan disabilitas sebagaimana yang disampaikan saat kunjungan Komisi VIII DPR RI pada Kamis (16/5) kemarin.

“Hal ini dilakukan agar Jemaah Calon Haji yang sudah lanjut usia dan cacat secara fisik dapat melaksanakan ibadah haji dengan riang gembira, karena jika berada di seat bisnis pesawat dekat dengan toilet sehingga memudahkan mereka untuk melakukan buang air di toilet,” ujarnya didampingi Kasi Kehumasan PPIH Embarkasi Medan, Mulia Banurea.

Diketahui Irjen Kemenag RI mengeluarkan surat edaran Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2024 tentang Mekanisme Pengkloteran dan Penyusunan Pra Manifes. Dalam surat tersebut irjen menegaskan beberapa hal yang intinya memberikan peningkatan pelayanan dengan prioritas bagi kalangan lansia dan kaum disabilitas yang tujuannya untuk memberi kemudahan bagi mereka selama menjalankan ibadah haji.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA