Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Manfaatkan Sungai Wampu, PLTA Mampu Suplai Listrik 16 MW di Langkat dan Binjai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 13 Mei 2024, 20:34 WIB
Manfaatkan Sungai Wampu, PLTA Mampu Suplai Listrik 16 MW di Langkat dan Binjai
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin meninjau PLTA Batu Gajah di Langkat/Ist
rmol news logo Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin berharap semakin banyak pemanfaatan sungai sebagai sumber energi. Seperti yang dilakukan PLTA Batu Gajah, yang  memanfaatkan aliran Sungai Wampu untuk menghasilkan energi listrik.
 
PLTA Batu Gajah mampu menghasilkan 16 Mega Watt (MW) dengan memanfaatkan aliran Sungai Wampu. Listrik tersebut dialirkan ke Kabupaten Langkat dan Binjai.
 
"Sungai kita banyak, besar, kita harus bisa memanfaatkannya, termasuk untuk energi listrik, karena listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat," kata Hassanudin, usai meninjau PLTA Batu Gajah, di Desa Empus, Kabupaten Langkat, Sabtu (11/5).
 
Hassanudin meminta kepada dinas terkait untuk menghimpun data lokasi dan sungai yang berpotensi menghasilkan energi. Dengan begitu, akan mempermudah investor untuk berinvestasi.
 
"Kita akan himpun data lokasi dan sungai mana saja yang berpotensi menghasilkan energi, baik kecil maupun besar, jadi lebih mempermudah investor, atau kita sendiri untuk membangun mikro hydro power," kata Hassanudin.
 
Menurut keterangan Site Manager PLTA Batu Gajah Roni Manampiring, tegangan yang dihasilkan sebesar 20 kV. Listrik ini kemudian dialirkan ke daerah Kuala, Marike, Tambunan, dan Bukit Lawang.
 
"Ini sangat membantu kawasan wisata Bukit Lawang, yang memang membutuhkan energi besar, belum lagi masyarakat yang selama ini memang kekurangan listrik, kami harap ini bisa meningkatkan produktivitas masyarakat," kata Roni Manampiring.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA