Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penuhi Kebutuhan Darah, Ratusan Polwan Ikut Jadi Pendonor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 26 April 2024, 15:01 WIB
Penuhi Kebutuhan Darah, Ratusan Polwan Ikut Jadi Pendonor
Donor darah PMI DKI Jakarta di Sekolah Polisi Wanita/Ist
rmol news logo Beragam cara dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memenuhi kebutuhan stok darah di setiap daerah.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan menggelar donor darah massal. Terbaru, PMI DKI Jakarta menggandeng Srikandi Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) menggelar kegiatan donor darah di Sekolah Polisi Wanita.

"Setiap harinya ada 1.200 kantong yang harus PMI distribusikan ke rumah sakit dan rumah bersalin," kata Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi kepada wartawan, Jumat (26/4).

Di Jakarta, Rustam mengaku ada peningkatan kebutuhan darah lantaran merebaknya kasus demam berdarah dengue (DBD).

"Karena DBD meningkat, orang membutuhkan darah meningkat. Tapi berkat kegiatan seperti ini (donor darah massal) sampai dengan hari ini (kebutuhan stok) masih bisa diatasi," jelas Rustam.

Kegiatan donor darah bersama PDDI diikuti oleh ratusan Polwan maupun para siswa Polwan. Tercatat sekitar 600 Polwan terlibat dalam kegiatan donor darah tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Srikandi PDDI, Nunun Daradjatun mengaku sengaja memilih Sekolah Polwan sebagai lokasi donor darah karena masih dalam momentum Hari Kartini pada 21 April lalu.

"Donor darah ini kegiatan rutin tiga bulanan kami. Kali ini melibatkan perempuan-perempuan tangguh untuk negeri," tutur Nunun. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA