Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

1.496 Rumah Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Kota Bitung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 09 April 2024, 08:06 WIB
1.496 Rumah Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Kota Bitung
Kondisi banjir yang merendam permukiman warga di Kota Bitung, Sulawesi Utara pada Minggu (8/4)/Ist
rmol news logo Banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kota Bitung, Sulawesi Utara pada Minggu (7/4) pukul 01.00 WITA kemarin mengakibatkan 43 kepala keluarga atau 162 warga mengungsi.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan pada Minggu (8/4) pukul 12.04 WIB, tercatat para pengungsi berada di Gereja Lembah Yarden Mawali, Pasar Tradisional Pintu Kota, Gereja Gemin Peitel Pintu Kota, SDN Pintu Kota, Pondok Informasi Kelurahan Binuang, Balai Kecamatan Manembo Nembo dan ke rumah kerabat yang lebih aman.

"Peristiwa itu menyebabkan sekitar 1.496 kepala keluarga atau 2.130 jiwa warga terdampak dan dua orang di antaranya alami luka sedang. Pendataan terkini, 1.496 unit rumah terendam setinggi 50 sampai 100 centimeter," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Selasa (9/4).

Banjir juga merusak 20 unit rumah dengan kategori rusak berat dan 11 unit rumah alami rusak sedang. Sementara itu, tujuh akses jalan tertimbun longsor dan material pohon tumbang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung sejak kemarin masih berada di lokasi untuk melakukan monitoring, mendirikan tenda posko dan pos lapangan serta melakukan pembersihan sisa material longsor.

"Sejumlah unsur lain turut bahu membahu dengan memberikan bantuan berupa pangan dan non pangan bagi warga terdampak," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA