Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DKM Sunda Kelapa Edukasi Pentingnya Menjaga Kesehatan saat Berpuasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 23 Maret 2024, 11:35 WIB
DKM Sunda Kelapa Edukasi Pentingnya Menjaga Kesehatan saat Berpuasa
Kajian tentang kesehatan pada bulan ramadan di Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta/Ist
rmol news logo Ramadan 1445 H menjadi momentum bagi Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Sunda Kelapa menggelar kajian pentingnya menjaga kesehatan dari perspektif Islam.

Salah satu pembicara, Ustaz Yusuf Syah mengungkapkan bagaimana Rasulullah SAW menjaga kesehatannya di bulan puasa.

“Rasulullah setiap berpuasa menganjurkan, bila tidak bisa menemukan buah kurma, maka berbukalah dengan air putih. Dan sunnah-sunnah juga mengajarkan seperti ini,” kata Ustaz Yusuf dalam siaran pers DKM Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Sabtu (23/3).

Lebih lanjut, Ustaz Yusuf menyebut edukasi mengenai kesehatan merupakan salah satu topik penting untuk terus disampaikan saat bulan ramadan.

“Dengan membahas tema kesehatan di bulan puasa ini mengajarkan kepada jamaah bahwa hidup sehat itu penting. Terutama dengan banyak mengkonsumsi air putih,” ujarnya.

Sementara itu, Hydration Science Consultant Aqua, dokter Tria Rosemiarti ikut berbagi tips mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan di bulan ramadan.

Ia mengingatkan, asupan cairan tubuh tetap harus dipenuhi meski sedang dalam suasana ramadan. Hal ini guna mencegah dehidrasi berlebihan saat puasa.

"Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat malam hari, serta 2 gelas sebelum tidur,” ujar dokter Tria.

Selain memperhatikan kebutuhan hidrasi tubuh, dokter Tria juga mengingatkan untuk memastikan kecukupan nutrisi selama bulan puasa.

“Untuk makanan, kita bisa mengikuti aturan isi piringku, di mana sudah ada ukuran untuk karbohidrat, protein, buah dan sayuran untuk mendapatkan gizi seimbang," sambungnya.

Adapun kajian kesehana diselenggarakan DKM Masjid Sunda Kelapa bekerja sama dengan Aqua dalam rangkaian safari ramadan bersama masjid. Kegiatan ini merupakan upaya memastikan kecukupan hidrasi di saat ramadan. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA