Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Safari Ramadan Masjid Ukhuwah Islamiyah Gelar Kajian dan Doa Bersama untuk Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Minggu, 17 Maret 2024, 12:26 WIB
Safari Ramadan Masjid Ukhuwah Islamiyah Gelar Kajian dan Doa Bersama untuk Palestina
Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia menggelar kajian Ramadan dan berdoa untuk Palestina, Jumat 15 Maret 2024/Ist
rmol news logo Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia menggelar kajian Ramadan. Dalam kegiatan yang didukung AQUA tersebut turut dilangsungkan doa bersama untuk Palestina.

Ustadz Hafiz Kurniawan yang hadir sebagai pembicara mengatakan, moment Ramadan adalah untuk membangun kesadaran umat dan membangun kepedulian terhadap lingkungan sosial.

“Ramadan harus menjadi pendorong bagi kita untuk membangun kembali kesadaran yang selama ini terabaikan seperti kesadaran terhadap lingkungan, sosial dan kesehatan kita sendiri,” katanya, seraya menekankan bahwa momentum Ramadan sebaiknya mendorong kita semua untuk melakukan hal-hal yang dapat membantu umat Islam di Palestina.

“Doa bersama adalah soal kemanusiaan. Dengan cara ini kita dapat memberikan perhatian untuk  masyarakat di Gaza, bagaimana agar anak-anak, perempuan, lansia dan masyarakat di Palestina pada umumnya mendapatkan hak-hak sipilnya,” jelas Hafiz.

Lebih dari 300 mahasiswa UI menghadiri acara ini yang dilaksanakan jelang berbuka puasa pada Jumat (15/3) dan dimoderatori oleh Maman Suherman, pegiat sosial sekaligus influencer.

Kegiatan ini selain menjalin tali silaturahmi juga menjadi ajang berbagi informasi terkait kesehatan dan lingkungan selama menjalankan ibadah puasa.

Selain Ustadz Hafiz Kurniawan, hadir pula Nurul Dina Rahmawati, dosen di Departemen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Ia menyampaikan pentingnya menjaga kebutuhan hidrasi tubuh selama berpuasa.

“Saya berharap temen-teman mahasiswa bisa lebih sadar lagi dalam pemenuhan gizi seimbang, tidak lagi hanya memperhatikan karbohidrat dan protein, tapi juga buah dan sayur, beraktivitas fisik, minum air putih yang cukup dan mengelola stress,” jelas Dina.

Menurutnya, yang sering terabaikan saat berpuasa adalah status hidrasi.

“Meskipun sedang berpuasa, bukan jadi halangan untuk memenuhi asupan air minum kita dengan memastikan 8 gelas sehari, yang bisa dipenuhi saat sahur, berbuka hingga menjelang tidur,” katanya.

Safari Ramadan bersama DKM Masjid Ukhwah Islamiyah UI merupakan upaya AQUA untuk memastikan kecukupan hidrasi di saat Ramadan. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk kajian interaktif mengenai isu-isu terkini tentang kesehatan dan lingkungan dan juga disertai doa  bersama untuk Palestina ini berlangsung di berbagai masjid di tanah air. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA