Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Jalur Kereta Daop VI Yogyakarta Terdampak Banjir Semarang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Kamis, 14 Maret 2024, 13:33 WIB
Tiga Jalur Kereta Daop VI Yogyakarta Terdampak Banjir Semarang
Suasana di Stasion Solo Balapan. Ilustrasi/RMOLJateng
rmol news logo Tiga jalur kereta di wilayah PT KAI Daop VI, Yogyakarta, terdampak banjir di wilayah Semarang, yakni Petak Jalan Semarang Tawang-Alastua, Emplasement Stasiun Semarang Tawang, dan Petak Jalan Mangkang-Kaliwungu.

Jalur kereta api pada 3 titik itu tergenang air sejak Kamis (14/03) dini hari, dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel, sehingga tidak memungkinkan dilewati kereta api.

Akibatnya Stasiun Semarang Tawang saat ini tidak dapat melayani naik dan turun penumpang, sampai teratasinya kondisi banjir.

"Hal itu berdampak pada sejumlah kereta api yang melewati Daop VI dan mengarah ke tujuan Semarang," jelas Manager Humas Daop VI Yogyakarta, Krisbiyantoro, dalam keterangannya, Kamis (14/03).

Imbas banjir itu sejumlah kereta api dibatalkan perjalanannya, di antaranya:
KA 161 (Joglosemarkerto) relasi Solobalapan-Tegal,
KA 162 (Joglosemarkerto) relasi Tegal-Solobalapan,
KA 207F (KA Banyubiru) relasi Solobalapan-Semarang Tawang,
KA 210F (KA Banyubiru) relasi Semarang Tawang-Solo Balapan.

"Ada juga beberapa KA yang seharusnya lewat jalur utara dialihkan ke lintas selatan Solo-Yogyakarta-Kroya-Purwokerto-Cirebon," imbuhnya, seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng.

Kereta api yang dialihkan melalui Jalur Selatan meliputi 10 kereta dengan tujuan Jakarta, yakni Harina, Pandalungan, Brawijaya, Sembrani, Parcel Utara, Argo Bromo Anggrek, Kertajaya, Dharmawangsa, Majapahit, dan Blambangan.

Selanjutnya ada 8 kereta ke arah Surabaya yang mengalami pengalihan rute juga, yakni Jayabaya, Sembrani, Pandalungan, Majapahit, Argo Bromo Anggrek, Harina, Parcel Utara, Gumarang.

Krisbiyantoro juga menambahkan, pelanggan yang perjalanan kereta apinya terimbas, mendapat kompensasi sesuai regulasi yang berlaku, baik berupa service recovery maupun pengembalian tiket hingga 100%, tidak termasuk biaya pesan.

Proses pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.

"Untuk keterangan lebih lanjut hubungi customer service di stasiun, contact center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121," urainya.

"Manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Saat ini petugas KAI terus berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA