Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satu Hari Jelang Ramadhan, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Naik Tajam di Sumut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 11 Maret 2024, 20:33 WIB
Satu Hari Jelang Ramadhan, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Naik Tajam di Sumut
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sehari jelang Ramadhan, harga sejumlah kebutuhan pokok yang sudah bertahan mahal, berlanjut mengalami kenaikan. Tomat yang pada akhir pekan kemarin sempat berada dikisaran 15 hingga 18 ribu per Kg. Pada hari senin ini mengalami kenaikan hingga menyentuh 25 ribu per kg. Cabai merah yang pada akhir pekan kemarin berada dikisaran 60 ribuan, mendadak naik hingga menyentuh 85 ribu per Kg-nya.

 

Untuk harga cabai merah sendiri di pasar terpantau bergerak dalam rentang 70 ribu hingga 85 ribu. Meskipun untuk harga 70 ribu memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan harga 85 ribuan per Kg. Selain cabai merah, harga cabai rawit juga terpantau mengalami kenaikan dikisaran 45 hingga 50 ribu per Kg nya.

 

Sementara untuk harga daging sapi, dari pedagang besar mengalami kenaikan sekitar 2 ribuan per Kg. Namun di tingkat pedagang pengecer harga daging sapi relatif tidak banyak mengalami perubahan. Harga daging sapi masih ditransaksikan dalam rentang angka 120 hingga 135 ribu per Kg nya. Kalau ada temuan kenaikan harga saya pikir ini sifatnya relatif dan sementara.

 

Kenaikan beberapa komoditas khususnya pangan hortikultura ini terjadi karena hari minggu petani tidak banyak melakukan aktifitas di ladang. Sehingga wajar harga mengalami kenaikan. Sementara itu, ekspektasi awal ramadhan jatuh pada hari senin juga membuat pasokan sejumlah pangan hortikultura menjadi berkurang, padahal sisi permintaan masih tinggi di awal pekan ini.

 

Sementar itu, sejumlah harga pangan lainnya terpantau bergerak stabil. Harga daging ayam masih dijual dalam kisaran 36 hingga 40 ribu per Kg. Demand atau permintaan terpantau mengalami peningkatan dalam 2 hari terakhir, sekalipun harga daging ayam terbilang sangat mahal. Telur ayam juga masih stabil setelah sempat naik di bulan Februari.

 

Harga minyak goreng curah dan gula pasir juga masih terpantau stabil. Minyak greng curah dijual dikisaran 16 ribu hingga 17 ribu per Kg, dan gula pasir berada di kisaran 18 ribu per Kg nya. Sementara itu, harga beras juga terpantau bergerak stabil. Meskipun dari hasil pengamatan di lapangan, harga gabah kembali mengalami kenaikan di kisaran 6.300 per Kg untuk gabah kering panen (GKP).rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA