Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satgas Didesak Sidak Pasar di Jakarta untuk Cegah Penimbunan Sembako

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 10 Maret 2024, 10:12 WIB
Satgas Didesak Sidak Pasar di Jakarta untuk Cegah Penimbunan Sembako
Gudang bahan pangan/Ist
rmol news logo Melambungnya harga-harga menjelang Ramadan akibat kelangkaan atau penyusutan stok pangan seperti beras, telur ayam dan ayam ras.

Anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta August Hamonangan memdesak Satgas Pangan DKI Jakarta segera melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke seluruh pasar di Jakarta untuk mencegah adanya oknum pedagang nakal yang menimbun pangan.

“Pemprov Jakarta juga dapat meningkatkan pengawasan di pasar tradisional dan modern untuk mencegah praktik penimbunan dan penyebaran informasi yang tidak benar,” kata August dikutip dari laman DPRD DKI Jakarta, Minggu (10/3).

Politikus PSI ini menilai sidak lebih efektif dibandingkan dengan menggelar program sembako murah. Pasalnya melalui sidak, Pemprov DKI bisa mengidentifikasi potensi kenaikan harga dan mengevaluasi kondisi pasokan sekaligus menanggapi keluhan masyarakat dan pedagang terkait ketersediaan komoditas tertentu.

“Hal ini akan lebih berkelanjutan daripada hanya menawarkan sembako murah dalam jangka pendek, karena masalah kenaikan harga pangan cenderung bersifat struktural dan memerlukan solusi yang komprehensif,” kata August.

August pun meminta masyarakat tidak melakukan pembelian pangan dengan jumlah banyak untuk antisipasi kenaikan (panic buying), sebab hal itu justru akan memperburuk suasana dan dapat menimbulkan food waste atau sampah makanan.

“Tindakan panic buying hanya akan merugikan diri sendiri dan masyarakat Jakarta secara keseluruhan,” tutup August. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA