Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aher: Solihin GP Layak Dapat Gelar Pahlawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 06 Maret 2024, 06:25 WIB
Aher: Solihin GP Layak Dapat Gelar Pahlawan
Almarhum Solihin GP/Net
rmol news logo Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan alias Aher mengenang Solihin GP merupakan sosok yang sangat berwibawa dan lengkap.

"Beliau adalah sosok lengkap, dia sosok nasional tapi dalam konteks Jabar, beliau legenda Jawa Barat," kata Aher saat bertakziah ke Mako II Kodam Siliwangi, Selasa (5/3).

Menurut Aher, tidak ada masyarakat yang tidak tahu terhadap sosok Solihin GP yang semasa hidupnya meraih karir mentereng di birokrat maupun militer

"Beliau dari muda sampai tua mendedikasikan diri dan perhatian untuk masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat," kata Aher.

Mantan Gubernur Jabar dua periode ini menyampaikan, Solihin GP di masa pensiun pun bergerak di bidang pertanian, ketahanan pangan dan lingkungan.

"Itulah beliau sosok yang lengkap, luar biasa. Mudah-mudahan ke depan ada sosok-sosok legenda negarawan seperti beliau khusus di Jawa Barat," kata Aher.

Saat disinggung apakah Solihin GP layak mendapatkan gelar pahlawan nasional atau lokal. Aher menyebut bahwa Gubernur Jawa Barat periode 1970-1975 itu sangat pantas mendapatkan gelar pahlawan.

"Sangat layak beliau diusulkan menjadi pahlawan, karena karier militer, birokrasi cemerlang, kemasyarakatnya sangat baik," demikian Aher dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar.

Solihin GP meninggal dunia pada usia 97 tahun pada Selasa (5/3) di RS Advent Bandung.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA