Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmikan Pasar Bunta, Mendag Soroti Peningkatan Pembangunan Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 13 Februari 2024, 23:02 WIB
Resmikan Pasar Bunta, Mendag Soroti Peningkatan Pembangunan Ekonomi
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan pemantauan pasokan dan harga barang kebutuhan pokok di Pasar Simpong/Ist
rmol news logo Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan Pasar Bunta di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Selasa, (13/2). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan di Pasar Simpong, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai.


Mendag yang akrab disapa Zulhas berharap pembangunan Pasar Rakyat Bunta dan Pasar Simpong dapat meningkatkan pembangunan ekonomi Kabupaten Banggai.

"Mudah-mudahan ini bisa cepat selesai sehingga nanti bisa dinikmati masyarakat dan menjadi tulang punggung untuk pembangunan ekonomi Kabupaten Banggai," kata Hasan.

Pembangunan Pasar Bunta menggunakan anggaran Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan 2023 senilai Rp3 miliar berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2023.

Pasar ini dapat menampung 58 pedagang yang terdiri 26 unit kios dan 32 unit los. Adapun produk yang dijual di antaranya barang kebutuhan pokok, sayuran, jajanan pasar, pakaian, sepatu, tas, dan peralatan rumah tangga.

Sementara Pasar Simpong merupakan pusat perputaran ekonomi terbesar di Kabupaten Banggai dan masih dalam tahap pembangunan dengan menggunakan anggaran belanja daerah. Pasar ini dibangun secara bertahap dengan total anggaran mencapai Rp42 miliar.

Zulhas juga berharap Pasar Simpong dapat menjadi ikon wisata di Kabupaten Banggai. Ia pun mengungkapkan, Kemendag akan mengusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum untuk mendukung pembangunan Pasar Simpong agar cepat selesai.

"Pasar Simpong bisa dikembangkan dengan catatan apa yang direncanakan dapat terlaksana. Kalau lihat konsepnya, Pasar Simpong akan berkembang menjadi tempat orang berkumpul dan rileks sekaligus mengembangkan ekonomi," kata Zulhas.

Selain peresmian, Zulhas melakukan pemantauan pasokan dan harga barang kebutuhan pokok di Pasar Simpong.

Berdasarkan pantauan beras medium tercatat Rp13.500-14.000/kg, beras premium Rp15.500-16.000/kg, gula pasir Rp19.000/kg, minyak goreng curah Rp13.500/liter, minyak goreng kemasan premium Rp18.000/liter, minyak goreng Minyakita Rp16.000/liter, daging ayam ras Rp32.500/kg, telur ayam ras Rp25.500-26.000/kg, cabai merah keriting Rp50.000/kg, cabai rawit merah Rp40.000/kg, bawang merah Rp40.000/kg, bawang putih honan Rp35.000/kg.

Selain itu, di Pasar Simpong juga tersedia beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan harga Rp10.900/kg.

Turut hadir pada acara ini Bupati Banggai Amirudin. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yaitu Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim dan Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Sri Sugy Atmanto.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA