Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Semarak Pemilu, Warga Surabaya Dapat Ketan Anti Golput Usai Nyoblos

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 13 Februari 2024, 09:44 WIB
Semarak Pemilu, Warga Surabaya Dapat Ketan Anti Golput Usai Nyoblos
Ketan Anti Golput/RMOLJatim
rmol news logo Berbagai cara kreatif dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan hak pilih pada pencoblosan Pemilu 2024 di tanggal 14 Pebruari 2024.

Di beberapa tempat, warga dengan sukarela mendirikan TPS unik. Tujuannya agar pemilih antusias beramai-ramai ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

Pada pemilu sebelumnya, bahkan ada juga para petugas KPPS yang memakai baju adat. Tidak hanya itu, ada juga TPS yang menyajikan hidangan serta hiburan agar para pemilih tidak bosan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh salah satu tempat jajajan tradisional di Surabaya. Meski tidak ada hubungannya dengan pemilu, kedai di Jalan Raya Darmo ini memberikan dukungan sepenuhnya agar warga nyoblos.

Sesuatu yang disuguhkan Kedai Ketan Punel. Tempat kuliner yang berada di pas di seberang Taman Bungkul Surabaya ini menyajikan kudapan Ketan Anti Golput.

Caranya, warga yang sudah nyoblos akan diberikan apresiasi berupa seporsi ketan gratis.

Ketan tersebut akan diberikan dan bisa dinikmati pada, Rabu (14/2) sore hingga malam setelah coblosan. Tak hanya itu, para pembeli yang telah mencoblos juga akan mendapat souvenir cantik dari KPU Jawa Timur.

"Syaratnya pembeli mau menunjukkan bekas tinta warna biru di jarinya dan bersedia difoto. Artinya dengan bukti tinta di jari, berarti dia sudah mencoblos," kata Wahyu Darmawan, pemilik Kedai Ketan Punel dikutip Kantor BErita RMOLJatim, Selasa (13/2).

Ketan anti golput itu sendiri adalah ketan dengan rasa kelapa manis. Di mana warna kelapanya bernuansa merah putih, seperti warna bendera merah putih.

Dipaparkan Wahyu, apa yang dilakukan di tempat usaha kulinernya tersebut semata-mata untuk memberikan  penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat. Utamanya pembeli ketan yang telah menggunakan haknya memberikan suaranya di TPS dalam Pilpres 2024.

"Kami juga ingin ikut berpartisipasi. Usai mencoblos silakan ke Kedai Ketan Punel, kami berikan seporsi ketan merah putih gratis," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA