Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masyarakat Diimbau Waspada Bahaya Kebakaran saat Cuaca Ekstrem

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 12 Januari 2024, 10:29 WIB
Masyarakat Diimbau Waspada Bahaya Kebakaran saat Cuaca Ekstrem
Ilustrasi kebakaran di Jakarta/Ist
rmol news logo Masyarakat ibukota diminta tetap mewaspadai kondisi cuaca ekstrem. Termasuk potensi lainnya yang bisa menimbulkan bencana kebakaran.

Pasalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagaian wilayah Jakarta pada pekan ini dilanda hujan disertai angin kencang, petir, ataupun kilat.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Israyani mengaku khawatir, saat hujan lebat dan angin kencang berisiko menyebabkan korsleting listrik, terutama di wilayah padat penduduk.

“Kami minta warga juga mematikan barang elektronik kalau tidak digunakan, jauhkan benda yang mudah terbakar, kompor gas dipastikan dicek lagi kalau mau keluar rumah. Selain itu, perlu juga melakukan pemeriksaan instalasi listrik secara berkala,” kata Israyani dikutip dari laman DPRD DKI Jakarta, Jumat (12/1).

Menurut dia, untuk menghindari hal yang tak diinginkan, lebih baik masyarakat tetap di rumah saat cuaca ekstrem.

“Lebih utama berdiam diri di rumah, tidak berenang, menghindari sengatan listrik, menghindar dari berteduh di bawah pohon, dan kalau ada kondisi darurat hubungi Call Centre Pemprov DKI,” kata Israyani.

Israyani pun berharap, seluruh dinas saling berkoordinasi untuk mengantisipasi potensi kebakaran akibat cuaca ekstrem. Mulai dari sosialisasi pencegahan kebakaran, nomor yang bisa dihubungi saat terjadi kebakaran, serta upaya penanggulangan penyelamatan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA