Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sumedang Diguncang Gempa 4,8 Magnitudo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 31 Desember 2023, 23:40 WIB
Sumedang Diguncang Gempa 4,8 Magnitudo
Kabupaten Sumedang, Jawa Barat diguncang gempa tektonik 4,8 Magnitudo/Net
rmol news logo Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi tektonik mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Gempa bumi magnitudo 4,8 itu terjadi pada Minggu (31/12) pukul 20.34 WIB dengan kedalaman 5 kilometer. Pusat gempa berada pada lokasi 6,85 derajat lintang selatan dan 107,97 bujur timur.

"Pusat gempa berada di darat 2 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang," demikian laporan resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Minggu (31/12).

Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan oleh warga dengan skala Modified Mercalli Intensity atau MMI berukuran III hingga IV di Sumedang, skala III di Lembang, skala II sampai III di Subang dan Bandung, serta skala II di Garut.

Sebelumnya, gempa juga mengguncang Sumedang dengan pusat gempa di titik yang sama pada siang tadi, pukul 14.35 WIB. Kekuatan gempa siang tadi magnitudo 4,1 dan berlanjut pada pukul 15.38 WIB dengan magnitudo 3,4.

Gempa bumi dirasakan di wilayah Sumedang dan sekitarnya. Di antaranya, di wilayah Cileunyi hingga Cicalengka dan Garut.rmol news logo article

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA