Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Transportasi Hijau, KEK Sei Mangkei Andalkan Kereta Terintegrasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 25 Desember 2023, 20:31 WIB
Dukung Transportasi Hijau, KEK Sei Mangkei Andalkan Kereta Terintegrasi
Direktur Dry Port KEK Sei Mangkei, Bawon Utomo/Ist
rmol news logo Keberadaan Dry Port Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Sumatera Utara diharapkan ikut berkontribusi mempercepat pembangunan ekonomi dan mewujudkan transportasi berkelanjutan green transportation.

Untuk mewujudkannya, dilakukan sejumlah terobosan sejak kawasan Dry Port KEK Sei Mangkei dibuka sebagai one stop handling.

Salah satunya dengan mengintegrasikan dengan jalur kereta api yang langsung terkoneksi ke Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

"Sehingga dari Dry Port ini kedepannya efektif memberikan supporting logistic yang mempermudah kegiatan ekspor-impor," kata Direktur Dry Port KEK Sei Mangkei, Bawon Utomo dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/12).

Keberadaan Dry Port KEK Sei Mangkei ini juga mempermudah pengangkutan logistik dan lebih efektif dengan menjalin kerja sama bareng PT KAI. Selain memotong ongkos distribusi, juga lebih aman dan mengurangi kemacetan oleh truk pengangkut barang.

Selain itu, Dry Port KEK Sei Mangkei juga ikut serta dalam mewujudkan kampanye pemerintah tentang green transportation.

"Dalam satu rangkaian kereta bisa mengangkut 30 kontainer. Bayangkan saja, bila dalam sehari ada tiga rangkaian yang diberangkatkan dari Dry Port KEK menuju pelabuhan. Ini penghematan," sambungnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA