Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kota Tidore Kepulauan Bersiap Jadi Kawasan Strategi Pariwisata Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Selasa, 19 Desember 2023, 14:30 WIB
Kota Tidore Kepulauan Bersiap Jadi Kawasan Strategi Pariwisata Nasional
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim/Ist
rmol news logo Kota Tidore Kepulauan di Provinsi Maluku Utara didorong menjadi Kawasan Strategi Pariwsata Nasional (KSPN).

Dorongan tersebut direspons positif oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Ia bahkan sudah menugaskan perwakilan Kemenparekraf untuk menelaah usulan kajian KSPN di Kota Tidore Kepulauan.

"Tidore sangat indah pantai dan pemandangannya. Tidore juga pernah jadi tuan rumah Hari Nusantara 2023. Pariwisata dan ekonomi di Kota Tidore Kepulauan sangat berpotensi jadi KSPN," kata Sandiaga dalam acara Usulan Blue Print KSPN Kota Tidore Kepulauan di Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Senin (18/12).

Menanggapi hal itu, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim mengungkapkan, ada tiga potensi untuk menjadi KSPN. Pertama, sejarah dan budaya. Belum lama ini, di Hari Nusantara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menetapkan Kota Tidore Kepulauan sebagai Titik Nol Jalur Rempah.

"Waktu itu, cengkeh diekspor dari Pantai Tidore menuju Spanyol dan Portugis, sebanyak 381 karung atau 27,3 ton. Inilah kemudian negara menetapkannya sebagai Hari Rempah Nasional, yang diperingati setiap tanggal 11 Desember," kata Ali.

Kedua, dari sisi budaya, dimana Kota Tidore Kepulauan memiliki kebudayaan yang luar biasa dan mempunyai dua benteng yang dibangun oleh Portugis yaitu Benteng Tahula dan Benteng Torre.

"Kami juga punya bahari yang luas dan indah," ucap Ali.

Terakhir, masyarakat dan pemerintah daerah siap dan mendukung Kota Tidore Kepulauan jadi KSPN. Karena tentu akan meningkatkan sektor perekonomian.

"Sudah disiapkan listrik, transportasi laut, darat, udara, rumah sakit, dan beberapa rumah sakit. Insya Allah kami sudah siap apa yang dibutuhkan untuk menjadi KSPN," kata Ali.

Sementara Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf Dessy Ruhati mengatakan, pihaknya telah melihat usulan blue print tersebut.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA