Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gempa Bogor Hancurkan Puluhan Rumah, Ratusan Warga Terdampak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 09 Desember 2023, 09:27 WIB
Gempa Bogor Hancurkan Puluhan Rumah, Ratusan Warga Terdampak
Suasana pengungsian bagi warga terdampak Gempa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (9/12)/Ist
rmol news logo Gempa magnitudo 4,0 yang mengguncang Kota Bogor pada Jumat dini hari (8/12) mengakibatkan ratusan warga terdampak.

Laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per Sabtu pagi (9/12) pukul 07.00 WIB, gempa yang dirasakan hingga ke Sukabumi ini menyebabkan 144 KK atau 249 warga terdampak dan 11 KK atau 44 warga mengungsi ke tempat lebih aman di Kecamatan Pamijahan, Bogor.

Tercatat 3 unit rumah alami rusak berat, 18 unit rumah rusak sedang dan 52 unit rumah rusak ringan. Selain itu, terjadi kerusakan pada 1 unit masjid, 2 unit mushala, 1 unit sekolah dasar, 1 unit PAUD dan 1 unit fasilitas MCK juga terdampak.

Gempa juga bedampak ke Kabupaten Sukabumi, tepatnya di wilayah Kecamatan Kabandungan. Sebanyak 11 unit rumah alami rusak berat, 36 unit rumah alami rusak sedang dan 58 unit rumah alami kerusakan ringan. Dilaporkan sebanyak 9 KK memilih mengungsi ke rumah kerabat untuk sementara waktu.

BPBD Kabupaten Sukabumi sejak kemarin sudah berada di lokasi terdampak untuk melakukan assessment, berkoordinasi dengan aparat setempat dan memberikan imbauan agara masyarakat tetap waspada.

“Warga mengungsi ke rumah saudara atau orang tuanya. Kemarin kami menyiapkan tenda untuk warga yang mengungsi, hari rencananya akan menambah tenda lagi karena hasil assessment perlu didirikan,” ujar Sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi, Yudhistira dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Sabtu pagi (9/12). rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA