Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wujud Semangat Nasionalisme, PP Himmah Gelar Pawai Akbar pada HUT ke-64

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 22 November 2023, 14:31 WIB
Wujud Semangat Nasionalisme, PP Himmah Gelar Pawai Akbar pada HUT ke-64
Pawai akbar dan napak tilas yang digelar dalam rangka HUT ke-65 Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (Himmah) di Kota Medan, Rabu (22/11)/Istimewa
rmol news logo Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (Himmah) akan genap berusia 64 tahun. Organisasi yang didirikan 30 November 1959 ini, merayakan milad dengan menggelar Pawai Akbar Nasional dari Istana Maimun menuju Makhtab Islam Tapanuli (MIT) atau Museum Al Washliyah di samping Masjid Lama Gang Bengkok, Kesawan, Medan, Rabu (22/11).

Pawai yang diikuti hampir 5 ribuan kader ini merupakan rangkaian peringatan hari jadi Himmah untuk mengenang sejarah dan napak tilas perjuangan para pendiri Al Jami’yatul Washliyah.

“Napak tilas ini dilakukan sebagai wujud mengingat cita-cita luhur para pendiri Al Jami’yatul Washliyah yang tetap mencerminkan semangat nasionalisme. Tentunya mengacu kepada Shibghah, Wijhah, dan Khittah Al Washliyah yang implementasinya bergerak dalam bidang dakwah, pendidikan, dan amal sosial,” ucap Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Himmah, Abdul Razak Nasution, didampingi Sekretaris Jenderal Saibal Putra dan beberapa pengurus kepada wartawan, Rabu (22/11).

Menurut Razak, napak tilas juga merefleksikan perjuangan para pendiri Al-Washliyah dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Di mana pada saat itu penjajah Belanda melakukan adu domba (Devide et Impera) terhadap kelompok-kelompok masyarakat Indonesia.

Namun Al Washliyah berhasil menyatukan umat atau kelompok-kelompok masyarakat menjadi satu kekuatan untuk mengusir penjajah. Bukan hanya berjuang dengan tetesan darah dan air mata saja, para ulama pendiri Al Washliyah turut menyumbang pemikiran dalam memajukan dunia pendidikan tanah air.

“Melalui Debating Club Maktab Al-Islamiyah Tapanuli (MIT) yang didirikan Mei 1918, para ulama dan pelajar MIT sepakat mendirikan Al Jami’yatul Washliyah pada 30 November 1930. Kemudian dunia pendidikan Al Jami’yatul Washliyah mengalami perkembangan pesat hingga akhirnya lahirlah Himpunan Mahasiswa Al-Washliyah (Himmah) pada 30 November 1959. Sejarah ini merupakan bagian dari refleksi napak tilas Himmah ke-64 tahun dengan esensi untuk menghayati bagaimana semangat perjuangan para pendiri Al-Washliyah di masa-masa sulit 93 tahun lalu,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Razak menyebut nama-nama para ulama pendiri Al Washliyah. Antara lain Tuan Guru Syeh H Muhammad Arsyad Thalib Lubis, Syeh H Abdurrahman Syihab, Syeh H Ismail Banda, Syeh H Yusuf Ahmad Lubis, Syeh H Adnan Nur Lubis, Syeh H Syamsuddin, Syeh H Sulaiman, dan lain-lainnya.

“Mereka ini pejuang kemerdekaan dan pejuang pendidikan di tanah air. Mereka menanamkan semangat nasionalis religius dalam bingkai organisasi Al Jami’yatul Washliyah. Karena itulah, kami dari Himpunan Mahasiswa Al Washliyah, akan terus memperjuangkan hasil perjuangan para ulama hingga Al-Washliyah jaya zaman berzaman,” ucapnya.

Lanjut Razak, antara 1962-1966, Himmah bersama organisasi mahasiswa dan pemuda lainnya pernah mendukung pembentukan Badan Pendukung Soekarno (BPS). Tepatnya pada 1964.

"Sebelum meletusnya G30S/PKI pada 1965, Himmah bersama TNI dan kelompok masyarakat berhasil menumpas PKI yang pada saat itu ingin mengobrak-abrik NKRI. Pada periode ini Himmah juga bergabung dengan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) yang berdiri pada 10 Oktober 1965 di Jakarta, dan dibentuk di Sumatera Utara pada November 1965," ungkap Razak.

Selain refleksi sejarah perjuangan para ulama Al-Washliyah dan Himmah, tambah Razak, napak tilas yang dilaksanakan dalam rangkaian pawai akbar ini juga baik untuk kesehatan. Sebab, jarak rute yang dilalui signifikan membantu pergerakan jantung.

“Kita mengenang sejarah sembari berolahraga. Namun, tujuan hakikinya adalah untuk mengingatkan kader-kader tentang sejarah dan perjuangan Himmah yang fokus di bidang dakwah, pendidikan, amal sosial, moderasi beragama, serta pergerakan mahasiswa yang menyangkut kemaslahatan umat,” jelas Razak.

Razak juga mengimbau kepada seluruh kader agar terus membenahi dan meng-upgrade diri dalam rangka mengisi bonus demografi, di mana kader-kader terbaik Himmah harus mengisi kepemimpinan di negeri ini. Dia  juga mengajak semuanya untuk mensukseskan pesta demokrasi pada 14 Februari 2024. Soal pilihan, kata razak, tetap 1 komando 1 tujuan. Tunggu komando PP Himmah. tegasnya

Selain napak tilas, HUT ke-64 Himmah juga diisi dengan berbagai gebyar kegiatan seperti bakti sosial, ziarah, zikir, dan munajat.

“Zikir dan doa munajat digelar di Jakarta. Sedangkan bakti sosial, napak tilas, dan ziarah, kegiatannya dipusatkan di Medan,” timpal Sekretaris Jenderal PP Himmah, Saibal Putra.

Gebyar milad ke-64 Himmah, ujar Saibal, dilaksanakan selama sepekan, mulai 22 sampai 28 November 2023.

"Hari ini, Rabu tanggal 22 November 2023, kita melaksanakan pawai akbar napak tilas dengan rute Istana Maimun-Mesjid Lama Gang Bengkok, Kesawan,” ujarnya saat ditemui di Masjid Lama Gang Bengkok, usai napak tilas.

Besok, Kamis (23/11), Himmah akan melakukan ziarah ke makam para alim ulama, pendiri, dan pejuang Al Washliyah. Sedangkan pada 24 hingga 26 November 2023, dilaksanakan kegiatan kaderisasi atau biasa disebut Latihan Kader Dasar (LKD), serta Dzikir dan Do'a di Jakarta pada 28 November mendatang," tandas Saibal Putra. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA