Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tutup Pelatihan P3PD Papua Selatan, Plh Dirjen Bina Pemdes Ajak Semua Berkontribusi Majukan Desa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Selasa, 14 November 2023, 23:32 WIB
Tutup Pelatihan P3PD Papua Selatan, Plh Dirjen Bina Pemdes Ajak Semua Berkontribusi Majukan Desa
Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), La Ode Ahmad Pidana Bolombo/Ist
rmol news logo Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), La Ode Ahmad Pidana Bolombo, mengajak peserta pelatihan berkontribusi memajukan desa (kampung) di Papua Selatan.

Hal itu disampaikan La Ode saat menutup Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa melalui Program Penguatan Pemerintahan Desa dan Pembangunan Desa (P3PD) 2023 Provinsi Papua Selatan, secara virtual, di Kantor Ditjen Bina Pemdes, Jakarta Selatan, Selasa (14/11).

Dikatakannya, pelatihan P3PD di Papua Selatan menandakan perhatian yang besar dari pemerintah untuk kemajuan desa. La Ode berharap pemerintah kampung di Papua Selatan lebih konsen memajukan kampung.

"Semuanya harus bersama-sama mengurus dan memajukan kampung. Pelatihan itu digelar sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk mempercepat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kampung di Papua Selatan," katanya.

La Ode juga mengungkapkan, pelatihan yang berlangsung memberi manfaat besar bagi aparatur pemerintah kampung. Hal yang penting didapat dari pelatihan harus diambil intisari, bisa dicerna untuk berkontribusi memajukan kampung.

Ia berharap, pasca pelatihan, aparatur pemerintah kampung meningkat kompetensinya, baik dari sisi kelembagaan, kebijakan, kualitas SDM, hingga bagaimana pengelolaan anggaran yang baik.

"Pasca pelatihan, teman-teman akan lebih tahu bagaimana merancang APB Kampung, mengelola kampung dengan baik, mengelola alokasi dana desa, hingga meningkatkan produktivitas di desa," ungkap La ode.

La Ode mengapresiasi kehadiran peserta yang mencapai 88 persen. Menurutnya itu capaian yang luar biasa, sebagai daerah otonom baru.

"Untuk Papua Selatan, dari dua angkatan capaiannya 88 persen, achievement luar biasa, daerah otonom baru," tandasnya.

La Ode berharap semua saling berkolaborasi memajukan kampung. Menurutnya, bila kampung di Papua Selatan maju, maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ayo bersama bangun desa atau kampung kita, kalau kampung terbangun, distrik juga ikut terbangun, Provinsi Papua Selatan maju dan semakin sejahtera. Desa akan maju mandiri sejahtera, sesuai cita-cita bersama," tutur La Ode.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA