Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Viral Video Satpam Usir Jamaah, Humas Istiqlal: Tidak Ada Pengusiran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yudhistira-wicaksono-1'>YUDHISTIRA WICAKSONO</a>
LAPORAN: YUDHISTIRA WICAKSONO
  • Senin, 06 November 2023, 19:05 WIB
Viral Video Satpam Usir Jamaah, Humas Istiqlal: Tidak Ada Pengusiran
Petugas pemeliharaan sarana Masjid Istiqlal/Ist
rmol news logo Ramai di media sosial, video yang merekam sejumlah peserta aksi bela Palestina sedang beristirahat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, diusir pria berseragam satpam, Sabtu malam (4/11).

Terkait viralnya video itu, Kepala Bidang Riayah dan Humas Masjid Istiqlal, Ismail Cawidu, memberikan bantahan.

"Tidak ada pengusiran," ujar Ismail kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (6/11).

Kata Ismail, satpam tersebut menjelaskan bahwa ada pembatasan kegiatan di Masjid Istiqlal, terutama sejak selesai dilakukan renovasi.

"Itu hanya menjelaskan kepada jamaah bahwa sejak renovasi Januari 2022 sudah ada aturan. Salah satu aturannya, setelah jam 10 malam sampai jam 3.30 pagi, aktivitas ibadah dihentikan," katanya.

Lanjutnya, pembatasan waktu aktivitas ibadah di Masjid Istiqlal itu digunakan badan pengelola untuk melakukan pembersihan masjid. Mengingat, masjid istiqlal setiap harinya dikunjungi ribuan jamaah.

"Jadi waktu tersebut digunakan badan pengelola untuk bersih-bersih, mulai dari lantai utama sampai ke tempat wudhu dan toilet," tuturnya.

Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu memastikan, masalah pada video yang viral itu sudah selesai, bahkan sebelum para peserta aksi bela Palestina bergerak ke Monas.

"Jadi, ini hanya miskomunikasi antara petugas dengan jamaah. Semua berjalan lancar," pungkas Ismail.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA