Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penunjukkan Juri Lomba Tari di Museum Balaputra Dewa Kental Nepotisme, Kasta Palembang Protes Keras

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 15 Oktober 2023, 06:18 WIB
Penunjukkan Juri Lomba Tari di Museum Balaputra Dewa Kental Nepotisme, Kasta Palembang Protes Keras
Ketua Kasta Palembang, Imansyah/ist
rmol news logo Protes keras disampaikan Komunitas Seniman Tari (Kasta) Palembang terkait pemilihan juri dalam Lomba Tari Tradisional. Bahkan mereka menuntut Kepala Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Chandra Ampriyadi, dipecat.

Lomba tari kreasi ini sendiri akan diadakan di Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa pada 17 Oktober 2023.

Ketua Kasta Palembang, Imansyah menyampaikan, protes tersebut ditujukan kepada Kepala Museum, Chandra Ampriyadi, terkait penyelenggaraan kompetisi tari tanpa mempertimbangkan kompetensi dari para juri.

"Kami sebelumnya telah memprotes Festival Batanghari Sembilan yang diselenggarakan pada Mei 2023 karena penunjukan Lisa Surya Andika, yang menurut kami kurang memiliki keahlian sebagai juri. Protes pertama kami disampaikan secara sopan dan tertutup, tetapi sayangnya tidak dihiraukan," kata Imansyah kepada Kantor Berita RMOLSumsel, Sabtu (14/10).

Menurut pengamatan Kasta Palembang, penunjukan juri dalam berbagai kompetisi yang diselenggarakan oleh Museum Balaputra Dewa tampaknya tidak didasarkan pada kompetensi, melainkan lebih karena kedekatan atau nepotisme.

"Hari ini, kami mengulangi protes kami terkait Lomba Tari Tradisional 2023, karena nama yang sama yang kami protes sebelumnya masih termasuk sebagai juri. Selain itu, ada nama-nama lain yang kompetensinya juga dipertanyakan," tambahnya.

Dia menilai kepala museum dianggap otoriter, antikritik, arogan, dan mengabaikan masalah-masalah terkait pemilihan juri yang sewenang-wenang.

"Kami berhak untuk memprotes karena museum mengelola dana publik, bukan dana pribadi. Penunjukan juri yang tidak memiliki kompetensi telah menimbulkan ketidakpuasan di kalangan studio tari dan praktisi tari," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa, Chandra Ampriyadi, membantah tudingan tersebut. Dia menilai tudingan tersebut sudah menyerang pribadi Lisa Surya Andika yang ditunjuk sebagai juri.

“Ibu Lisa itu memiliki kompetensi bidang tari dan sudah sering menjadi juri tari hingga tingkat nasional," terang Chandra.

Chandra menegaskan, apapun kegiatan yang dilakukan di Museum yang dipimpinnya terbuka dan siapa saja bisa masuk dan ikut berpartisipasi di dalamnya dan tidak ada yang ditutup-tutupi atau memihak pada pihak tertentu. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA