Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Emas di Banda Aceh Merangkak Naik, Dampak Perang Israel-Hamas?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 11 Oktober 2023, 15:54 WIB
Harga Emas di Banda Aceh Merangkak Naik, Dampak Perang Israel-Hamas?
Perhiasan emas dan emas Antam di dalam etalase salah satu toko emas di Banda Aceh/RMOLAceh.
rmol news logo Harga emas murni di Kota Banda Aceh mulai mengalami kenaikan. Kenaikan ini diduga sebagai imbas dari perang antara Israel vs Hamas Palestina.

"Hari ini, harga emas murni kadar 99 persen di Banda Aceh mengalami kenaikan sebanyak Rp20 ribu. Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak lima hari yang lalu," ujar Muhammad Daffa Farras kepada Kantor Berita RMOLAceh, Rabu (11/10).

Menurut Daffa, saat ini harga emas 99 persen, satu mayam Rp2.970.000. Sebelumnya harga per mayam hanya Rp2.950.000, belum termasuk ongkos pembuatan. Sementara dengan ongkos pembuatan per mayam Rp3.070.000.

“Peperangan antara Israel dan Palestina, sempat memanas, Amerika Serikat membantu Israel jadi pengaruh di harga emas, karena geopolitik dunia memanas,” ujar Daffa.

Daffa menyebutkan, saat ini harga emas Aneka Tambang (Antam) ikut mengalami kenaikan. Emas produksi Antam Rp1.070.000 per gram, dari sebelumnya Rp1.067.000.

Sementara untuk harga emas batangan lokal saat ini Rp914.000 per gram.

“Emas batangan juga banyak diburu untuk kebutuhan investasi,” ujarnya.

Sementara untuk daya beli menurut Daffa lebih dominan, karena 70 persen masyarakat membeli. Sementara 30 persen menjual.

Daffa menjelaskan, terdapat beberapa faktor penyebab masyarakat membeli emas seperti untuk kebutuhan Investasi, perhiasan, dan kebutuhan mahar. Selain itu ada juga yang membayar utang dengan menggunakan emas.

“Paling banyak untuk hadiah karena ini musim lahiran bayi,” ujarnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA