Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TNI Bantu Atasi Kekeringan dengan Program Manunggal Air Bersih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Selasa, 10 Oktober 2023, 09:20 WIB
TNI Bantu Atasi Kekeringan dengan Program Manunggal Air Bersih
Rapat Koordinasi Karhutla dan Usulan Rakor Polhukam Pembahasan tentang Peningkatan Upaya Penanggulangan Karhutla Pada Masa El-Nino Tahun 2023 di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jakarta Pusat, Senin (9/10)/Puspen TNI
rmol news logo TNI membantu rakyat yang terdampak El Nino di sejumlah wilayah di Indonesia.

Salah satunya lewat program TNI Manunggal Air Bersih yang bekerja sama dengan Kementerian Pertanian yang akan melaksanakan panen raya di wilayah Cibitung, Jawa Barat.

Hal ini disampaikan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan mewakili Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dalam rapat Koordinasi Karhutla dan Usulan Rakor Polhukam Pembahasan tentang Peningkatan Upaya Penanggulangan Karhutla Pada Masa El-Nino Tahun 2023 di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jakarta Pusat pada Senin (9/10).

“TNI selalu siap dalam antisipasi bencana yang timbul dengan segala kemampuan yang dimiliki, dengan menyiapkan personel, materil dan perlengkapan. TNI juga siap membantu dalam penanggulangan bencana yang mungkin timbul akibat El Nino mulai dari tahap pra bencana atau mitigasi, tanggap darurat dan pasca bencana,” kata Bambang dikutip Selasa (10/10).

Bambang menyebut, TNI senantiasa membantu masyarakat bukan hanya saat terdampak El Nino, namun sudah termasuk dalam 8 Wajib TNI yang merupakan pedoman perbuatan bagi prajurit TNI.

Adapun bunyi butir ke 8 yaitu, “menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya”.

“Dalam menghadapi dampak El Nino tentunya diperlukan antisipasi dan penyiapan secara dini, fenomena ini harus dihadapi bersama seluruh komponen bangsa termasuk diantaranya penggunaan TNI yang bersinergi, terintegrasi dan berkesinambungan," kata Bambang.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA