Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pawai Budaya Merdeka Sukses Digelar di 200 Desa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 26 September 2023, 12:40 WIB
Pawai Budaya Merdeka Sukses Digelar di 200 Desa
Suasana rangkaian kegiatan Merdeka Heppiii/Ist
rmol news logo Kegiatan "Merdeka Heppiii" yang digelar serentak sepanjang Agustus di lebih dari 200 desa, akhirnya selesai.

Koordinator Heppiii Community, Ronald Theo Lesmana, selaku pelaksana kegiatan Merdeka Heppiii mengungkapkan rasa leganya. Ia bersyukur kegiatan yang rutin dilaksanakan untuk meramaikan bulan kemerdekaan, rampung dengan sukses dan penuh kegembiraan.

Sebanyak 200 Desa di 17 Kabupaten dan Kota wilayah Jawa Timur dan Kalimantan ikut meramaikan kegiatan yang ditujukan untuk melestarikan budaya Indonesia. Ini menunjukkan gairah dari masyarakat desa untuk berpartisipasi melestarikan budaya daerah setempat.

"Setiap kegiatan di desa-desa yang tergabung dalam Heppiii Community warga desa menampilkan budaya setempat, misalnya reog, jaranan, pencak silat, ludruk, sampai kesenian campur sari. Ini adalah hal yang positif, selain memberikan hiburan kepada warga saat perayaan kemerdekaan, juga jadi ajang melestarikan budaya," ungkap Ronald Theo Lesmana dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL pada Senin (26/9).

Daerah-daerah seperti Ponorogo punya ciri khas dengan tradisi reog, lalu Jombang juga punya ludruk, kemudian Madiun juga punya pencak silat. Lalu daerah lainnya seperti Jember, Banyuwangi, Bondowoso juga punya budaya khas tersendiri, seperti jaranan, menurutnya. Termasuk juga tradisi menerbangkan layangan lalu diadu di Pasuruan.

Bukan hanya menggeber soal budaya saja akan tetapi kegiatan ini juga dilaksanakan guna mempertebal kerukunan antar warga dan menggerakkan ekonomi desa.

"Kegiatan Merdeka Heppiii ini juga diisi dengan kegiatan yang menggerakkan ekonomi desa, seperti bazar UMKM. Tiap desa punya ciri khas tersendiri, ada yang penghasil tahu seperti di Bojonegoro, kemudian ada juga pedagang-pedagang martabak di Jombang, kemudian kelompok nelayan di Bangkalan Madura, dan daerah lainnya juga punya potensi sendiri," jelas Ronald.

Tiap desa yang tergabung Heppiii Community juga banyak membagikan sembako untuk warga setempat. Desa-desa tersebut juga menggelar turnamen dan lomba-lomba.

"Kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Community untuk membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa. Heppiii Community selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing," tambahnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih untuk seluruh desa yang tergabung dalam Heppiii Community, dan berharap tahun depan bisa lebih semarak dan tetap penuh kegembiraan dari warga desa. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA