Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zulhas Dorong Transformasi Perdagangan Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 25 Agustus 2023, 18:58 WIB
Zulhas Dorong Transformasi Perdagangan Digital
Menteri Perdagangan Zulkfili Hasan saat trade and investment ministers meeting (TIM) di Jaipur, India, Jumat (25/8)/Ist
rmol news logo Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menekankan agar pentingnya teknologi dan transformasi digital dalam perkembangan perdagangan di dunia saat ini.

Hal itu disampaikan Zulhas saat pertemuan tingkat menteri bidang perdagangan dan investasi G20 atau trade and investment ministers meeting (TIM) di Jaipur, India, Jumat (25/8).

“Saya yakin salah satu masa depan perdagangan adalah digitalisasi. Kemajuan teknologi dan meningkatnya tuntutan akan efisiensi dan isu keberlanjutan telah mendorong transformasi perdagangan global.” Kata Zulhas.

Ketua Umum PAN itu memandang transisi perdagangan digital menghadirkan manfaat yang signifikan, namun tantangan akan tetap muncul dalam bentuk  kesenjangan literasi dan lemahnya infrastruktur digital.

Oleh karenanya, semua pihak perlu terus merangkul solusi digital untuk menyederhanakan dan meningkatkan kelancaran proses perdagangan global serta meningkatkan upaya dalam menjembatani kesenjangan digital.

Salah satu yang sedang dan terus berubah adalah persoalan rantai pasok. Menurut Mendag Zulhas, di sinilah peningkatan pemanfaatan teknologi digital menjadi sangat penting dalam perdagangan dunia ke depan,

“Fasilitasi perdagangan dengan pemanfaatan teknologi digital memungkinkan konektivitas sistem rantai pasok yang kompleks serta mendorong efektivitas sistem logistik.” papar Zulhas.

Dalam pidato di hadapan para menteri negara-negara G20 tersebut, Zulhas menegaskan komitmen Indonesia dalam hal transformasi digital ini. Salah satunya adalah dengan mengikuti WTO free trade agreement.

“Upaya G20 dalam mendukung transformasi digital merupakan bagian dari agenda yang lebih besar yang meliputi dimensi ekonomi, sosial, dan lingkungan. Perannya vital.” tutupnya. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA