Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banjir Bandang Lahar Semeru, Empat Jembatan Putus dan Tiga Warga Meninggal Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Sabtu, 08 Juli 2023, 21:13 WIB
Banjir Bandang Lahar Semeru, Empat Jembatan Putus dan Tiga Warga Meninggal Dunia
Salah satu jembatan yang putus akibat banjir bandang lahar Gunung Semeru/Ist
rmol news logo Empat jembatan putus dan tiga warga meninggal dunia, akibat banjir bandang lahar dingin Gunung Semeru.

Menko PMK, Muhadjir Effendy, blusukan ke lokasi bencana di Desa Sumberwuluh, Candipuro, Sabtu (8/7), didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhi Karyono, beserta jajaran.

Rombongan jalan kaki menjelajahi bekas-bekas bencana, seperti perkampungan dan jembatan roboh, termasuk dialog dengan masyarakat korban banjir bandang. Dia sempat menggendong balita yang jadi korban banjir, dan membagikan bantuan dari Kementerian Sosial.

"Untuk perbaikan tanggul yang jebol ini kita kerahkan alat-alat berat. Ada 5 alat berat untuk mengalihkan aliran sungai agar kembali normal," katanya, lewat rilis yang dikirim ke Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu malam (8/7).

Banjir lahar dingin Gunung Semeru dipicu curah hujan intensitas tinggi sehari sebelumnya. Imbasnya, debit air di daerah aliran sungai (DAS) lahar Gunung Semeru meningkat dan menerjang jembatan, bahkan meluber hingga ke jalan.

Berdasar data dari BPBD Jawa Timur, banjir lahar dingin berimbas di lima desa yang ada di dua kecamatan, Desa Sidomulyo dan Pronojiwo, di Kecamatan Pronojiwo. Selain itu juga Desa Jugosari, Kloposawit, dan Tumpeng, di Kecamatan Candipuro.

Setidaknya empat jembatan terputus akibat terjangan material lahar dingin, yakni jembatan penghubung Desa Kloposawit dengan Tumpeng, Jembatan Kali Regoyo penghubung Desa Jugosari dengan Dusun Kebondeli Selatan, di Candipuro.

Kemudian jembatan penghubung Desa Tumpeng dan Desa Nguter di Candipuro, dan Jembatan penghubung Lumajang-Malang di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo.

"Saya minta Kepala BNPB membangun jembatan bailey semi tempur buatan TNI, agar mobilitas dan perputaran roda perekonomian masyarakat sekitar segera normal," tuturnya.

Jembatan bailey diperlukan dalam keadaan darurat, karena terdiri dari rangka-rangka baja siap rangkai.

Hingga berita ini ditulis, banjir telah menelan korban jiwa. Tiga orang dinyatakan meninggal dunia, ratusan penduduk terpaksa mengungsi, dan menyebabkan kerugian materiil di 4 kecamatan terdampak.

Menurut Muhadjir, pemerintah segera memperbaiki tanggul yang jebol.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA