Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Awal Agustus, Riau Jadi Tuan Rumah SI-EXPO 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 08 Juli 2023, 13:40 WIB
Awal Agustus, Riau Jadi Tuan Rumah SI-EXPO 2023
Sawit Indonesia Expo 2023 (SI-EXPO 2023)/Ist
rmol news logo Pameran sawit pertama dan terbesar di Indonesia, Sawit Indonesia Expo 2023 (SI-EXPO 2023) akan digelar di Pekanbaru, Provinsi Riau pada 8 sampai 9 Agustus 2023.

Mengusung tema “Achieving high productivity and efficiency based and technology 4.0”, SI-EXPO 2023 digelar dengan kerja sama antara Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Forum Mahasiswa Sawit Indonesia (Formasi Indonesia), dan majalah Sawit Indonesia.

"SI-EXPO digelar sebagai salah satu bentuk ekspose industri hulu dan hilir sawit, dan menjadi masukan ke pemerintah, terkhusus Satuan Tugas Tata Kelola Industri Kelapa Sawit Indonesia," kata CEO Sawit Indonesia, Qayuum Amri kepada wartawan, Sabtu (8/7).

Provinsi Riau dipilih sebagai tuan rumah karena sebagai miniatur industri hulu-hilir sawit Indonesia. Riau memiliki luas perkebunan sawit terluas di Indonesia mencapai 4,172 juta hektare dan 68 persen lahan tersebut dikelola perkebunan sawit rakyat.

Dengan luas perkebunan sawit ini, Riau telah didapuk sebagai provinsi terdepan dalam hal pertumbuhan ekonomi secara nasional dan provinsi tercepat bangkit dan berlari pasca pandemi Covid-19.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Apkasindo Provinsi Riau, Suher mengatakan, SI-EXPO 2023 bisa menjadi panggung industri sawit Indonesia untuk unjuk gigi.

“Saatnya Riau menjadi pusat industry berkelanjutan yang menjadi barometer industri hulu-hilir sawit yang bukan hanya Indonesia, tapi dunia,” ujar Suher.

SI-EXPO 2023, kata dia, akan dijadikan cermin untuk melihat industri sawit Indonesia. Oleh karenanya, Apkasindo akan mengundang semua petani sawit dan pengurus di 12 DPD Apkasindo di Riau.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Apkasindo, Gulat Manurung menanggapi baik rencana kegiatan SIEXPO-2023. Menurutnya, event tersebut bisa menjadi penyemangat di tengah kelesuan berkepanjangannya harga TBS petani.

"Tidak ada kata menyerah dengan kondisi tidak baik-baik sajanya petani sawit. Semua itu adalah ujian ketangguhan petani sawit Indonesia,” kata Gulat.

Pada SIEXPO-2023 ini, DPP Apkasindo akan memberi penghargaan khusus kepada Tokoh Sawit Indonesia yang juga Gubernur Riau, Syamsuar dan Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca.

"Untuk Gubernur Riau, kami menilai sebagai Gubernur Sawit Indonesia dengan predikat Gubernur Sahabat Petani Sawit," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA