Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Gempa, BNPB Imbau Warga Pastikan Struktur Rumah Aman Sebelum Pulang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 30 Juni 2023, 22:09 WIB
Usai Gempa, BNPB Imbau Warga Pastikan Struktur Rumah Aman Sebelum Pulang
Kerusakan bangunan akibat gempa di wilayah Yogyakarta/Ist
rmol news logo Gempa berkekuatan 6,4 magnitudo yang mengguncang wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah pada pukul 19. 57 WIB, Jumat (30/6) mengakibatkan setidaknya dua rumah warga di Kabupaten Kebumen, rusak ringan.

Dikatakan Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, informasi kerusakan bangunan masih terus didata oleh tim di lapangan.

“Perkembangan terkini hingga malam ini, pukul 20.40 WIB, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menginformasikan 2 rumah warga rusak ringan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jateng,” kata Abdul.

Selain monitoring kerusakan bangunan, kata dia, BNPB melakukan koordinasi dengan BPBD DIY dan Jateng untuk mendata kemungkinan korban jiwa.

“Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD di wilayah terdampak telah berada di lapangan untuk melakukan pendataan dan pemantauan,” katanya.

Berdasarkan parameter Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa M6,4 berpusat di 86 km barat daya Bantul, DIY, dengan kedalaman 25 km. Dilihat pemodelan BMKG, pusat gempa yang berada di laut ini tidak berpotensi tsunami.

Lebih lanjut, Abdul mengimbau kepada warga untuk waspada dan siap siaga mengantisipasi adanya gempa susulan.

“Pastikan struktur bangunan rumah tetap kokoh sebelum kembali ke dalam rumah pascagempa. Persiapkan tas siaga bencana apabila harus melakukan evakuasi ke tempat aman sementara,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA