Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Update BMKG: Gempa DIY Merusak Sejumlah Rumah, Listrik Padam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 30 Juni 2023, 21:38 WIB
Update BMKG: Gempa DIY Merusak Sejumlah Rumah, Listrik Padam
Warga mengevakuasi barang-barang pasca gempa DIY, Jumat (30/6)/Ist
rmol news logo Gempa bermagnitudo 6,4 dirasakan kuat oleh warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi Jumat (30/6) sekitar pukul 19. 57 WIB.

Perkembangan terkini hingga malam ini, pukul 20.40 WIB, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan dua rumah warga rusak ringan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jateng.

Informasi lain menyebutkan, jaringan listrik di beberapa wilayah di Kebumen terputus karena kerusakan pascagempa. Di wilayah DIY, satu unit rumah warga rusak, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul.

Pudalops BNPB akan terus memonitor dan melakukan koordinasi dengan beberapa BPBD di wilayah DIY, Jateng, dan Jawa Timur.

"Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD di wilayah terdampak telah berada di lapangan untuk melakukan pendataan dan pemantauan," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

BNPB menyebutkan warga di beberapa wilayah merasakan guncangan kuat. Guncangan dengan intensitas kuat dirasakan warga Kabupaten Bantul, Kulon Progo, dan Gunung Kidul di DIY.

"Sedangkan di Provinsi Jateng, antara lain dirasakan warga di Kota Surakarta, Kabupaten Kebumen dan Klaten. Guncangan gempa juga dirasakan warga Trenggalek, Jawa Timur dengan intensitas sedang hingga kuat selama 20 detik," sambungnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA