Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berkaca Kasus BSI, Bank DKI Antisipasi Serangan Siber

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 12 Mei 2023, 16:17 WIB
Berkaca Kasus BSI, Bank DKI Antisipasi Serangan Siber
Ilustrasi Bank DKI/Net
rmol news logo Serangan siber ransomware yang dialami PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk atau BSI turut diantisipasi Bank DKI yang merupakan BUMD milik Pemprov DKI.

Menurut Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Bank DKI telah memiliki sistem perlindungan untuk mengantisipasi serangan IT.

"Bank DKI memiliki command center antara lain yang bisa mengantisipasi itu (serangan siber)," kata Heru kepada wartawan seusai acara peresmian Gedung Learning Center di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, Jumat (12/5).

Command center berfungsi sebagai pusat pengawasan seluruh layanan berbasis teknologi informasi yang dimiliki oleh Bank DKI serta menjadi sentra penugasan, koordinasi, dan kontrol yang diperlukan sebagai respons terhadap krisis yang dihadapi perusahaan.

Dengan adanya layanan tersebut, Heru berharap, Bank DKI tetap aman tanpa mengalami serangan siber. Layanan ini diluncurkan pada saat hari ulang tahun ke-62 Bank DKI pada 11 April 2023.

Layanan Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam 3 hari terakhir sejak Senin (8/5) sampai Rabu (10/5) mengalami error. Publik pun mengeluh akibat tidak bisa diaksesnya sistem perbankan BSI.

Kemarahan publik tersebut sangat beralasan. Dari internet banking, mobile banking sampai layanan ATM BSI semua tidak bisa diakses oleh nasabah BSI.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA