Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pimpin Pertemuan KTT ASEAN, Presiden Jokowi Singgung Situasi Ekonomi Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 10 Mei 2023, 15:18 WIB
Pimpin Pertemuan KTT ASEAN, Presiden Jokowi Singgung Situasi Ekonomi Global
Presiden Joko Widodo bersama para pimpinan ASEAN/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5).

Pertemuan ini dihadiri para pemimpin negara ASEAN, Sekjen ASEAN, dan Perdana Menteri Timor-Leste yang untuk pertama kalinya mengikuti KTT ASEAN.

"Di hadapan para pemimpin ASEAN, saya menyerukan kembali perlunya memperkokoh persatuan di antara negara-negara ASEAN menghadapi situasi ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih, rivalitas di dunia yang semakin tajam, dan dinamika dunia semakin tidak terprediksi," kata Presiden seperti dikutip redaksi melalui Twitter resminya.

Jokowi optimis, ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan. Presiden pun mengajak seluruh anggota ASEAN untuk berkerja keras menjadikan forum ini sebagai episentrum pertumbuhan.

"Kita punya aset kuat sebagai epicentrum of growth: ekonomi yang tumbuh jauh di atas rerata dunia, bonus demografi, dan kestabilan kawasan yang terjaga," jelas Jokowi.

Presiden Joko Widodo akan memimpin lima rangkaian pertemuan diantaranya Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN.

Lima rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada waktu malam hari. Bertepatan dengan kegiatan Welcoming Dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA