Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berkunjung ke Lampung Tengah, Zulhas Dorong Ekspor Produk Hortikultura Naik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 06 Maret 2023, 09:47 WIB
Berkunjung ke Lampung Tengah, Zulhas Dorong Ekspor Produk Hortikultura Naik
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat berkunjung ke Lampung Tengah/Net
rmol news logo Peningkatan ekspor diyakini bisa mengangkat perekonomian dan kesejahteraan petani Indonesia. Atas alasan itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong agar produk hortikultura Indonesia bisa dipasarkan di luar negeri.

Dorongan ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat berdiskusi dengan petani nanas, pisang, dan kopi di Lampung Tengah, Provinsi Lampung pada Jumat (3/3). Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan, Sekretaris Jenderal Suhanto, Inspektur Jenderal Frida Adiati, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, dan Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono.

"Pemerintah, pengusaha, dan rakyat satu kesatuan. Jika petani dan pengusaha sukses, ekspor akan naik, sehingga pemerintah, khususnya Kementerian Perdagangan sukses. Peningkatan ekspor produk hortikultura meningkatkan kesejahteraan petani," kata ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Pada kunjungan ini, Mendag Zulkifli Hasan sempat mengunjungi pabrik PT Great Giant Pineapple (PT GGP) untuk meninjau proses produksi dan pengemasan produk nanas olahan. PT GGP di Lampung Tengah menempati lahan seluas 32 ribu hektare dengan kemampuan produksi mencapai 3.000 ton per hari. Perusahaan ini mampu mengekspor nanas olahan dengan nilai mencapai 350 juta dolar AS per tahun.

"PT GGP merupakan perusahaan penghasil olahan nanas terbesar di dunia dengan tujuan ekspor hampir ke seluruh negara," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Menurutnya, perusahaan seperti ini harus diperjuangkan karena mendapat perlakuan tidak adil di negara tujuan ekspor. Untuk itu, tugas pemerintah untuk mengupayakan agar tidak ada hambatan ekspor di negara tujuan, salah satunya melalui perjanjian dagang.

"Tugas pemerintah membantu masyarakat dan pengusaha agar berkembang. Jika perusahaannya maju, pajaknya akan semakin meningkat dan menyerap tenaga kerja," tambah Mendag Zulkifli Hasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA