Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kuota Haji Jawa Barat Kembali Normal, 20 Kloter Jemaah Berangkat dari BIJB Kertajati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 13 Februari 2023, 22:09 WIB
Kuota Haji Jawa Barat Kembali Normal, 20 Kloter Jemaah Berangkat dari BIJB Kertajati
Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam/RMOLJabar
rmol news logo Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat memastikan kuota jemaah haji untuk Provinsi Jawa Barat di tahun 2023 kembali normal. Setidaknya, ada 38.000 lebih jemaah haji asal Jawa Barat beserta petugas yang akan berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jabar, Ajam Mustajam mengatakan, kembali normalnya kuota haji di tahun 2023 berkat upaya pemerintah dalam hal ini Kemenag. Sehingga, jemaah haji yang berangkat tidak lagi terhalang batasan usia.

"Syukur alhamdulillah, semua jemaah haji yang masuk kuota tahun 2023, itu usia berapa pun bisa diberangkatkan, tapi tetap ada batasannya," ujar Ajam dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Senin (13/2).

Sementara terkait pembagian kuota, terang Ajam, nantinya akan ditentukan sesuai kuota di 27 kabupaten/kota. Langkah tersebut dilakukan agar daftar tunggu jemaah haji di Jawa Barat lebih merata.

"Pembagian kuota kembali ke tahun 2020 berdasarkan proporsi kabupaten/kota. Kalaupun ada (perbedaan) tidak mencolok, paling selisih satu atau dua tahun," bebernya.

Pada tahun ini, Ajam mengungkapkan, jemaah haji asal Jawa Barat akan diberangkatkan dari dua lokasi, yakni asrama haji embarkasi Bekasi dan Indramayu. Untuk jemaah dari asrama haji embarkasi Indramayu, nantinya berangkat melalui BIJB Kertajati.

"Jemaah haji Ciayumajakuning (Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan) ditambah Sumedang dan Subang jumlah jemaahnya 8.700an dibagi 20 kloter lebih. Ini sudah tersekemakan dan insyaAllah bisa berjalan dengan baik," kata dia.

Di samping itu, Ajam memastikan Kemenag Jabar siap memberikan pelayanan maksimal bagi para jemaah haji asal Jawa Barat yang berangkat tahun ini. Bahkan, dirinya berharap pelayanan yang diberikan semakin meningkat.

"Terkait masalah pemberangkatan haji di Jawa Barat, insyaAllah itu bisa berjalan dengan baik, lancar dan mudah-mudahan sesuai harapan kita semua," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA