Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

RI Kirim 62 Personel dan Bantuan Kemanusiaan ke Turki Hari Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Sabtu, 11 Februari 2023, 11:51 WIB
RI Kirim 62 Personel dan Bantuan Kemanusiaan ke Turki Hari Ini
Pelepasan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu, 11 Februari 2023/Ist
rmol news logo Bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Turki telah dikirim oleh pemerintah Indonesia. Bantuan diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu (11/2).

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri RI, pesawat bantuan Boeing 737 membawa 62 personel gabungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak 15 orang dan Badan SAR Nasional (Basarnas) sebanyak 47 orang.

Sementara pesawat Hercules  C-130 membbawa bantuan termasuk alat kesehatan.

Pelepasan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, yang didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Duta Besar Turki untuk Indonesia Ahmet Cemil Miroglu juga turut hadir menyaksikan dan menerima secara simbolis.

Dalam sambutannya, Muhadjir mengatakan bantuan tersebut diberikan oleh pemerintah RI atas arahan dari Presiden Joko Widodo. Adapun bantuan yang diberika berupa Emergency Medical Team (EMT), Middle Urban Search and Rescue Team (MUSAR), dan kebutuhan logistik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA